Limapuluh Kota Raih Penghargaan KLA Pratama

Limapuluh Kota Raih Penghargaan KLA PratamaBupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi terlihat melepas puluhan anak TK yang mengikuti pawai beberapa waktu lalu. ZUL

 

 

 

 

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi akan mengoleksi prestasi nasional lagi. Baru beberapa hari lalu meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), dan Tanda Jasa Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, kini Irfendi kembali akan menerima anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) Pratama 2018.

Hal itu sesuai dengan surat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Republik Indonesia Nomor: B-940/KPP-PA/Dep.IV/TKA.01.02/07/2018 tanggal 17 Juli 2018, perihal penghargaan KLA tahun 2018 yang ditandatangani Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N Rosalin.

“Anugerah bergengsi dimaksid kemungkinan akan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam suatu acara Penganugerahan KLA tahun 2018 di Dyandra Convention Center Kota Surabaya, Senin (23/7),” ungkap Kepala DPPKBP3A Limapuluh Kota, Yeni Elvi di Sarilamak.

Menurut dia, penghargaan tersebut, diperoleh karena Irfendi Arbi dinilai telah menerapkan kebijakan pembangunan berbasis hak anak serta berkomitmen dalam pemenuhan hak-hak anak. Pemenuhan hak anak atas hak hidup di daerah ini, tumbuh kembang secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi terhadap anak.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi yang dihubungi wartawan mengaku sangat bersyukur akan memperoleh penghargaan tersebut. Ia berharap, penghargaan itu semakin memotivasi berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan hak-hak anak, serta lebih bersungguh-sungguh lagi dalam memenuhi apa yang menjadi hak-hak anak.

“Alhamdulillah, kita kembali bakal mendapatkan penghargaan KLA sesuai surat dari Kementerian KPP-PA yang disampaikan kepada saya kemarin. Prestasi ini adalah hasil kerja keras berbagai pihak termasuk masyarakat Limapuluh Kota. Melalui KLA, diharapkan menjamin terpenuhinya hak anak sesuai harkat dan martabat manusia,” jelas Irfendi.

Salah seorang pemuka masyarakat Limapuluh Kota, Darlus menyampaikan rasa bangganya dengan diraihnya berbagai prestasi. “Kita bangga dengan Bupati Irfendi Arbi yang telah berhasil secara berturut-turut merebut prestasi nasional dalam beberapa waktu terakhir. Sedangkan penghargaan KLA sudah beberapa kali dikoleksinya,” ujar anggota DPRD Limapuluh Kota itu.

Acungan jempol yang sama juga disampaikan Wakil Ketua LKAAM yang juga Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota, Z Dt Rajo Mangkuto. Menyimak dukungan dan komimen Bupati Irfendi Arbi selama ini, ia menilai bupati itu memang layak mendapatkan penghargaan tersebut.

Sementara itu, anggota dewan dapil Kecamatan Pangkalan-Kapur IX, Syamsul Mikar ikut menyampaikan apresiasi. “Lagipula penghargaan KLA akan membanggakan Kabupaten Limapuluh Kota, karena daerah ini bakal semakin terangkat dikancah nasional, tuturnya.

Terpisah mantan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Fauzi Dt Mangkuto Bosa mengaku salut dengan Bupati Irfendi Arbi yang selama kepemimpinannya senantiasa memboyong prestasi nasional buat Limapuluh Kota. “Kita berharap, penghargaan KLA ini mampu lebih meningkatkan suasana daerah yang aman bagi anak, serta membuat anak menjadi lebih bahagia dan sejahtera,” ucapnya. (h/zkf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =