Lima Agenda Wisata Sumbar yang Sayang Dilewatkan

Perlombaan dragon boat race.

Perlombaan dragon boat race.

 

 

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Sumatera Barat siap menggelar lima ajang pariwisata untuk wisatawan selama Agustus 2018. Lima agenda mulai dari festival di pesisir pantai hingga petualangan menguras adrenalin yang disebut-sebut sayang untuk dilewatkan.

“Lima iven (agenda) ini beragam, mulai dari festival yang menawarkan eksotisme pesisir pantai hingga pesona wisata petualangan yang menguras adrenalin,” kata  kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata setempat, Didit Santoso di Padang, Jumat (20/7).

Ia mengatakan itu terkait upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Sumbar melalui gelaran iven wisata berbasis budaya dan petualangan.

Lima iven itu adalah Dragon Boat atau Festival Perahu Naga yang digelar di banjir kanal Kota Padang 2-6 Agustus 2018. Perlombaan itu diikuti oleh 10 negara, di antaranya Tiongkok, Thailand, dan Singapura. Wisatawan akan bisa menikmati pertunjukan seni dan budaya khas Padang.

Kemudian Sawahlunto Internasional Songket Carnival (SISCA) yang digelar 24-26 Agustus 2018. Iven yang dilatarbelakangi oleh semangat untuk melestarikan Songket Silungkang itu menawarkan festival unik yang menampilkan pagelaran busana berbahan dasar songket.

Lalu ada tiga agenda yang relatif masih baru, namun dianggap tetap menarik yaitu Silokek Adventure pada 22-23 Agustus 2018. Iven itu menggabungkan sejumlah kegiatan, di antaranya, balap sepeda motor, rafting, panjat tebing, dan kano.

Silokek adalah lokasi alami yang sangat indah, dihiasi sungai dan tebing-tebing batu dan lembah di sepanjang Nagari Muaro, Silokek dan Durian Gadang. Di lokasi itu juga terdapat kebun anggrek yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Lalu, Mount Talang Climbing atau wisata yang menawarkan pendakian gunung bagi wisatawan yang hobi petualangan di Kabupaten Solok. Kegiatan itu bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Gunung Talang adalah salah satu gunung api aktif di Sumbar dan menjadi salah satu spot pendakian yang ramai. Biasanya pada 17 Agustus tersebut, ada sejumlah pendaki yang menggelar upacara peringatan hari kemerdekaan di puncak gunung.

Terakhir bagi wisatawan yang mencintai eksotisme laut, ada Mandeh Maritime Festival yang digelar 19-21 Agustus 2018 di Pesisir Selatan. Festival itu menawarkan sejumlah kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan yaitu kuliner tradisional, pegelaran seni dan rabab pasisia yaitu musik khas pesisir pantai barat Sumbar, dan kompetisi foto bawah laut.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan perairan wisata dengan mengikuti Mandeh Joy Sailing atau diving yang ditawarkan penyelenggara dan kontes perahu nelayan tradisional.  “Lima iven ini sayang untuk dilewatkan,” kata Didit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

72 − = 69