Legislator minta pemprov cari sumber pendapatan baru

Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) – Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Arkadius meminta pemerintah provinsi mencari sumber pendapatan baru sehingga dapat mencapai target pendapatan yang cukup tinggi pada 2019.

“Kami ingatkan pemerintah jangan hanya sekedar mengandalkan sumber pendapatan yang telah ada tapi dapat mencari sumber pendapatan baru,” katanya di Padang, Jumat.

Menurut dia hal yang paling disorot adalah bagaimana pemprov mampu menggenjot pendapatan daerah, mungkin dengan melakukan pemetaan potensi pendapatan daerah dan juga mencari peluang untuk meningkatkan pendapatan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan belanja daerah pada 2019 diproyeksikan sekitar Rp6,41 triliun dan pendapatan daerah juga diproyeksikan sekitar RP6,41 triliun dalam nota pengantar Rencana Kebijakan Umum Anggara dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2019.

Rencana belanja daerah diprediksi juga meningkat dari 2018 yang hanya sekitar Rp6,09 triliun atau naik sekitar Rp316 miliar lebih sehingga menjadi Rp6,41 trilun.

“Rencana belanja tersebut terdiri dari belanja tidak langsung yang diproyeksikan sekitar Rp4,2 triliun lebih dan belanja langsung sekitar Rp2,188 trilun,” katanya.

Arkadius mengatakan DPRD akan mencermati arah kebijakan anggaran tersebut baik dari sisi belanja maupun dari sisi pendapatan, termasuk penerimaan dan pengeluaran dalam bentuk pembiayaan daerah.

Pembahasan anggaran ini akan dimulai dari Rencana Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2019. Pihaknya akan melakukan pembahasan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra komisi-komisi di DPRD Sumbar.

“Dari sisi belanja daerah yang paling ditekankan adalah efektifitas dan efisiensi sehingga dalam penyusunan program kegiatan harus berdasarkan skala prioritas,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 + = 91