Lapas Pariaman Digeledah, Ditemukan Benda Diduga Narkoba

 

BREAKING NEWS: Lapas Pariaman Disidak Tim Satgas Kanwil Kemenkumham SumbarTim Satgas saat menyisir sejumlah ruangan napi di Lapas Pariaman, Senin (23/7)PARIAMAN,

 

 

 

 

 

 

HARIANHALUAN.COM–Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar melakukan sidak ke Lapas Pariaman, di Karan Aur, Kota Pariaman, Senin (23/7) malam sekitar pukul 21.50 WIB .

Tim yang terdiri dari berbagai divisi termasuk Imigrasi itu berangkat dari kantor Kanwil di Padang. yg dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Dwi Prasetyo dan Kadiv Lapas, Sunar Agus.

“Malam ini kami akan melakukan tugas Perintah Luar Biasa (PLB) atas perintah Menkumham. Kami lakukan bersama-sama khususnya di Sumbar,” ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan perintah Menkumham, Kanwil diminta melakukan operasi gabungan. Dalam rangka pertama, melakukan sidak untuk mencari barang-barang atau sesuatu yang tidak diperbolehkan dalam lapas dan rutan dengan cara penggeledahan. Kedua, sehari-hari kita tak pernah melihat kondisi lapas dan rutan, seperti yang terjadi di Lapas Sukamiskin. Ketiga, melaporkan seluruh hasil kerjanya.

Keempat, seluruh Kakanwil dan divisi kemasyarakatan, kepala lapas, rutan, akan berangkat ke Jakarta untuk mendengarkan perintah selanjutnya.

“Malam ini operasi gabungan tak hanya petugas lapas namun juga petugas imigrasi. Personel dari kantor imigrasi padang dan jajaran divisi kemasyarakatan. Selain itu, dibantu petugas kemasyarakatan Lapas Padang dan Lapas Payakumbuh,”katanya.

“Total kekuatan 50 orang mungkin bisa lebih. nanti dibagi jadi 5 tim. satu tim terdiri dari 10 orang sampai 15 orang. atau mungkin dipadatkan jadi 4 tim. satu tim 15 orang,” ucapnya.

Harianhaluan.com yang berkesempatan ikut dalam tim, sampai di Lapas Pariaman, 21.50 WIB. Tim langsung bergerak masuk ke dalam lapas, seluruh napi keluarkan dan diperiksa satu persatu, termasuk kamar warga binaan.

Lapas Pariaman Mencekam, Ratusan Napi Teriaki Tim SatgasTim Satgas saat menyisir sejumlah ruangan napi di Lapas Pariaman, Senin (23/7) 

 

 

Suasana Lapas Pariaman sempat mencekam. Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar yang menggeledah ruangan para warga binaan (Napi) diteriaki oleh para warga binaan. Mereka mencaci maki tim yang akan masuk ke ruangan, Senin (23/7) 23.00 WIB.

‘Oiiiii..keluar kau (tim),”ujar para napi kepada petugas.

Tak hanya itu, napi yang mayoritas pria itu memukul-mukul jeruji. Tim yang berada di tengah lapangan harus berusaha menenangkan napi yang mulai tersulut emosi.

“Tenang-tenang kami hanya ingin memeriksa saja,” ucap salah seorang petugas dari tim satgas.

Ratusan napi tersebut tidak terima diperiksa. Diduga karena beberapa orang napi menyimpan barang-barang yang dilarang seperti narkoba dan barang lainnya.

Tidak sampai 10 menit, kondisi bisa dikendalikan oleh tim satgas. Pemeriksaan kembali dilanjutkan, dengan pengawalan ketat oleh para petugas yang memakai baju pelindung.

Lapas Pariaman Digeledah, Ditemukan Benda Diduga NarkobaTim Satgas saat memeriksa barang sitaan dari ruangan napi di Lapas Pariaman, Senin (23/7).

 

 

Tim berhasil menemukan benda yang diduga narkoba. YuhendraPenggeledahan yang dilakukan Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar di Lapas Pariaman membuahkan hasil. Sejumlah barang terlarang yang diduga narkoba ditemukan di ruangan para napi, Senin (23/7) 23.30 WIB.

Pantauan harianhaluan.com di lokasi, tim membawa sejumlah barang dari ruangan napi. Lalu diperiksa di tengah lapangan tenis di Lapas tersebut.

Saat diperiksa satu-persatu tim menemukan daun yang diduga ganja terbungkus kertas. Tak hanya itu, benda yang diduga sabu terbungkus plastik bening juga berhasil ditemukan.

Selain itu, puluhan handphone, benda tajam serta alat bong (penghisap sabu) juga ditemukan tim satgas.

“Kami akan periksaa ini dulu dan pastikan benda-benda ini,” ujar Kakanwil Kemenkumham Sumbar Dwi Prasetyo di lokasi pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 5 =