KPU Pasaman Barat Temukan 99 Kotak Suara Rusak

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menemukan sekitar 99 kotak suara rusak untuk Pemilihan Umum 2019.

Komisioner KPU Pasaman Barat, Adri mengatakan telah melakukan sortiran beberapa hari ini terhadap 5.908 kotak suara yang diterima. Ditemukan 99 kotak suara rusak dan kotak suara juga kurang sekitar 123 unitsaat pengiriman dari rekanan beberapa waktu lalu.

Menurut pihaknya seluruh kotak suara rusak tersebut disimpan oleh KPU Pasaman Barat di Gedung Utama KPU sambil menunggu penggantian dari KPU pusat atau provinsi.

Ia menyebutkan sebagian besar kurasakan itu terdapatdi bagian penutup atas kotak dan bagian samping kotak suara. Beberapa diantaranya juga mengalami sobek atau bolong di bagian dinding dan bagian samping kotak suara.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU provinsi untuk menanggulangi masalah tersebut.

Selain kerusakan, KPU sebelumnya juga menemukan kekurangan kotak suara sebanyak 123 unit.

Saat ini KPU bersama tim sudah menyelesaikan sekitar 80 persen perakitan kotak suara yang disimpan di dua gudang.

Pertama di gudang milik KPU dan gudang milik Pemkab Pasaman Barat. Hingga saat ini belum menemukan kendala yang berarti dalam tahapan perakitan

Piihaknya menargetkan perakitan kotak suara akan selesai tepat waktu sehingga bisa diketahui berapa jumlah total kerusakan dan kekurangan kotak suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

53 + = 58