KPU Minta Peserta Pilkada 2018 Tak Daftar Injury Time

KPU Minta Peserta Pilkada 2018 Tak Daftar <i>Injury Time</i>

Jakarta, CNN Indonesia — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau partai politik atau tim sukses tidak mendaftarkan pasangan calon kepala daerah yang diusung di hari terakhir pendaftaran, Rabu (10/1).

Ketua KPU Arief Budiman meminta partai politik atau tim sukses yang telah memastikan pasangan calon yang akan diusung mendatangi ke KPU untuk melakukan pendaftaran sejak hari pertama, Senin (8/1).

Hal tersebut penting, kata Arief, agar pasangan calon yang punya kekurangan atau ketidaklengkapan dokumen masih memiliki waktu untuk memperbaiki berkas.

“Kalau sudah siap dan sudah diklaim calonnya bisa daftar di tanggal 8 atau 9, jangan tanggal 10,” ujar Arief dalam diskusi ‘Menyongsong Pendaftaran Bakal Calon: Pastikan Integritas Pilkada 2018 di salah satu kafe di bilangan Jakarta Selatan, Minggu (7/1).

Arief pun mengimbau partai politik tidak mendaftarkan pasangan calon di menit-menit akhir hari terakhir pendaftaran, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau pun mau daftar tanggal 10, jangan jam 10 malam. KPU sudah menyampaikan dari jauh-jauh hari, ini bukan buat KPU saja tapi buat calon sendiri, kalau misalkan ditolak nggak bisa memperbaiki,” ujar Arief.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Arief mencatat banyak tim pasangan calon yang mendaftar di waktu akhir pendaftaran.

Akibatnya, sejumlah persoalan muncul seperti pasangan calon dianggap kurang melengkapi persyaratan dan membuat pendaftaran tidak diterima.

“Saya dengar di daerah masih juga ada dualisme pengurusan. Jadi kalau pendaftaran di kabupaten kota itu ada 3 level dokumen dari daerah hingga pusat, harus semua level itu lengkap tidak boleh kurang,” kata Arief.

Pendaftaran calon peserta Pilkada 171 daerah di seluruh Indonesia akan mulai dibuka hari ini, (8/1) hingga Rabu (10/1). Berkas pendaftaran harus diserahkan ke KPU masing-masing wilayah mulai pukul 08.00 hingga 16.00 pada Senin (8/1) dan Selasa (9/1).

Sementara di hari hari terakhir, KPU akan membuka pendaftaran sejak pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3