KPU akan berkomunikasi dengan Angkasa Pura sebelum gelar festival layangan di Pantai Padang

Padang, (Antaranews Sumbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat berupaya agar festival layangan bisa dilaksanakan di Danau Cimpago Pantai Padang setelah PT Angkasa Pura II melarang bermain layang-layang di area sekitar 27 kilometer dari bandara karena bisa membahayakan penerbangan.

Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Padang, Rino Sutrisno mengatakan pihaknya  akan komunikasikan hal ini dengan PT Angkasa Pura II, sehingga rencana kegiatan tetap bisa dilanjutkan karena memang dari awal kami tidak mengetahui tentang aturan ini.

Festival layang-layang tersebut merupakan salah satu agenda dari kegiatan pagelaran seni dan budaya Minangkabau yang digelar KPU Padang dalam rangka menyongsong Pemilu 2019, yang terbuka untuk masyarakat umum.

Jika diperbolehkan, KPU akan melanjutkan festival tersebut dengan membatasi ketinggian layangan yang diterbangkan walau hanya 50 meter.

Namun,  kalau memang benar dilarang maka KPU akan mencari solusi akhir seperti memajang layangan tersebut di tempat kegiatan.

Sebelumnya PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di kawasan keselamatan operasi penerbangan yang berjarak 15 nautical mile atau radius 27 kilometer dari ujung bandara.

Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra mengatakan larangan tersebut diatur dalam Undang-Undang nomor 1 tahun 2009 Undang-Undang no 1 tahun 2009 tentang Penerbangan pada pasal 210 berbunyi setiap orang dilarang berada di daerah tertentu di bandar udara, membuat halangan dan atau melakukan kegiatan lain yang dapat membahayakan keselamatan dan penerbangan kecuali memperoleh izin dari otoritas bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

60 − 56 =