Kloter terakhir embarkasi Padang digabung dengan Balikpapan

Pelepasan kloter 17 embarkasi haji Padang di Padang, Senin (13/8). Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi.

Padang, (Antaranews Sumbar) – Sebanyak 91 calon haji Embarkasi Padang kloter 17 akan diberangkatkan pada Senin 13 Agustus 2018 dari Bandara Internasional Minangkabau digabung dengan calon haji asal Balikpapan.

“Jamaah akan berangkat pada pukul 23.25 WIB menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” kata Kabid Penyelengara Kepala Bidang Pengelolaan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar Afrijal di Padang, Senin usai melepas jamah haji.

Ia menyebutkan kloter 17 berasal dari 11 daerah yaitu Kota Padang, Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Solok, Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Sijunjung dan Pasaman Barat.

Satu calon haji kloter 17 batal berangkat atas nama Nurkasmi Sudirman dan lima orang lainnya mutasi dari kloter sebelumnya.

Jamaah termuda kloter 17 atas nama Hendra Darpit usia 30 tahun dan tertua Zainudin Hasan usia 89 tahun.

Ia menyebutkan hingga saat ini calon haji Emmbarkasi Padang yang telah berada di Tanah Suci 6.256 orang terdiri atas 2.590 pria dan 3.666 perempuan.

Total calon jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada 2018 berjumlah 6.367 terdiri atas 17 kelompok terbang.

Dari 6.367 orang tersebut sebanyak 4.646 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang Bengkulu serta didampingi 80 petugas haji.

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi saat melepas jamaah berpesan agar memaksimalkan ibadah selama di Tanah Suci karena perjuangan untuk bisa menunaikan haji tidak mudah.

Ada banyak orang yang memiliki kelebihan materi namun belum diberi kesempatan menunaikan haji, ada juga yang secara materi kekurangan namun ada saja jalan untuk ke Tanah Suci, kata dia.

Ia juga berpesan agar jamaah menjaga kesehatan mengingat suhu udara di Tanah Suci cukup panas mencapai hampi 50 derajat Celcius. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

32 − = 25