Ketua DPR Minta Tiga Komisi dan Kemendikbud Pantau Pelaksanaan UNBK SMP

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meminta Komisi X DPR dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pantauan langsung ke sekolah-sekolah dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP.

Adapun ujian tersebut akan digelar serentak mulai tanggal 23-26 April 2018.

Bambang mengatakan keduanya harus melakukan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK terutama ke daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Ia berharap agar pemerintah mengantisipasi secara serius potensi kendala pada saat pelaksanaan UNBK jenjang SMP melalui pendampingan yang intensif terhadap teknisi dan proktor (pengendali server) UNBK.

Pihaknya juga menyarankan agar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten atau Kota untuk melakukan pendataan ulang terhadap sarana prasarana penunjang pelaksanaan UNBK dan memberikan informasi kendala di sekolah-sekolah kepada Kemendikbud.

Bambang juga meminta agar Komisi I DPR dan Komisi VII DPR mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT Telkom, PT. PLN, dan penyedia jasa internet, untuk memastikan jaringan internet tetap stabil.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3