Kepala SMP N 5 Padang Juara I Lomba Penulisan Tingkat Nasional

Junaidi dengan piagam penghargaan dari Kemdikbud. (ist)

 

 

 

 

 

 

PADANG – Kepala SMP Negeri 5 Padang, Junaidi, berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional. Artikelnya yang berjudul ‘Menguatkan Pendidikan dari Ruang Kelas’ didapuk sebagai pemenang pertama lomba penulisan tentang pendidikan dan kebudayaan tingkat nasional yang diadakan oleh Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Penyerahan penghargaan bagi pemenang dilakukan pada Rabu (15/8) malam di Plaza Insan Berprestasi, kantor Kemendikbud, Jakarta, bersamaan dengan penghargaan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2018.

Bagi Junaidi sendiri, penghargaan ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, ia menjuarai lomba pendidikan yang juga digelar Kemdikbud pada tahun 2015 lalu. Saat itu, ia meraih juara III.

Selain itu, pada Mei 2018 lalu, ia berhasil mendapat juara II lomba penulisan ‘Best Practices’ bagi kepala sekolah se Indonesia yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemdikbud.

“Alhamdulillah, diberi kemudahan oleh Allah untuk kembali juara dengan peringkat lebih baik,” ujarnya, Kamis (16/8) di Jakarta.

Tak hanya dalam penulisan, dalam kepemimpinannya sebagai kepala sekolah di SMP N 5 Padang, ia juga berhasil membawa sekolahnya mendapat nominasi ‘Sekolah Keren’ yang diselenggarakan Kemdikbud tahun 2017 lalu. Saat itu, Junaidi mengusung ‘Sekolah Keren tanpa Rokok’ sehingga menjadi satu dari 21 sekolah yang mendapat penghargaan di Indonesia.

Alumni IAIN Imam Bonjol itu memang berkomitmen menjadikan sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang aman dan nyaman bagi anak didik. Karena itu, berbagai inovasi dilakukan, terutama dengan melibatkan peran orang tua dalam proses pendidikan. Di antaranya dengan membentuk komite orang tua, membuat grup whatsapp, dan lainnya. Bahkan, orang tua ikut terlibat dalam membenahi kelas anak serta ikut menciptakan kelas yang nyaman. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − = 6