Kepala Dinkes Padang dr. Feri Mulyani Pastikan Padang Bebas Difteri

Kepala Dinkes Padang dr. Feri Mulyani Pastikan Padang Bebas Difteri

PADANG – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Padang, dr. Feri Mulyani, M. Biomed mengatakan Padang hingga kini masih aman dan bebas dari wabah difteri. Sejauh ini belum ada temuan kasus difteri.

“Selama setahun terakhir ini, tercatat hanya dua laporan kasus diduga dan itu pun dinyatakan negatif difteri,” katanya kepada wartawan di Balaikota Padang, Rabu.

Menurut Feri, sesuai kajian Kementerian Kesehatan, mereka yang terjangkit difteri diakibatkan karena tidak sempurnanya proses vaksinasi.

“Jadi kami di sini bukan hanya mengejar yang satu juta vaksin, tapi bagaimana masyarakat mau divaksin dan sadar vaksin. Dengan begitu misi pencegahan difteri dapat tercapai,” kata dia.

Ia menerangkan difteri merupakan penyakit yang dapat menular secara langsung. Infeksi bakteri yang pada umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan ini juga, kata Mulyani, biasanya disertai gejala demam tinggi.

“Misalnya, ketika seseorang terinfeksi difteri batuk atau bersin, orang di dekatnya bisa saja mengirup bakteri tersebut. Langsung menular,” urainya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat, khususnya yang punya bayi dan anak-anak untuk melakukan imunisasi secara terjadwal ke Puskesmas terdekat. Sebab, hanya imunisasi DPT tersebut, kasus difteri ini dapat dicegah.

“Kami imbau masyarakat dan ibu-ibu untuk membawa anaknya imunisasi sesuai jadwal, karena ini perlu. Biasakan juga hidup sehat, karena difteri bisa menyerang semua umur, baik orang dewasa maupun anak-anak,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

58 + = 61