Kawasan GOR HAS, Jalur Sepeda Dikuasai Parkir dan PKL

Kawasan GOR HAS, Jalur Sepeda Dikuasai Parkir dan PKL      Seorang pesepeda terpaksa melewati jalan lain, akibat mobil yang terpakir di jalur sepeda di GOR Agus Salim. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jalur sepeda yang dibuat Pemerintah Kota Padang di kawasan GOR H Agus Salim (HAS) tidak bisa digunakan oleh pesepeda.

Akibat jalur ini dikuasai oleh kendaraan yang parkir dan juga pedagang kaki lima (PKL). Para pesepeda pun mengeluhkan kondisi ini.

Pantauan Haluan, Minggu (14/1) belasan kendaraan terparkir tepat di jalur sepeda tersebut. Tak hanya itu juga diperparah dengan puluhan PKL yang berjualan disana.

Padahal, jalur tersebut jelas dibuat untuk peseda. Karena ada tanda atau gambar sepeda di samping trotoar yang selesai dikerjakan akhir tahun lalu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang.

Seorang peseda di GOR Agus Salim, Nella menyebut, ia sama sekali tidak bisa menggunakan jalur itu. Karena sudah dipenuhi dengan kendaraan dan juga PKL. Apalagi, saat Minggu, puluhan PKL bersesakan berjualan di jalur sepeda itu.

“Untuk apa dibuat jalur sepeda, tetapi kami tidak bisa menggunakannya,”ujar mahasiswi perguruan tinggi di Kota Padang ini.

Dikatakan Nella, padahal semestinya jalur tersebut merupakan hak bagi pesepeda. Bukan malah jadi sarana parkir atau tempat menggelar dagangan.

“Percuma saja sudah diberi tanda jalur sepeda,”katanya.

Tidak hanya Nella, Candra seorang pesepeda pun mengeluhkan jalur sepeda yang ada di GOR itu. Ia berharap agar ada pengawasan sehingga, jalur sepeda tersebut dapat difungsikan dengan semestinya.

“Kalau terus dibiarkan begini, percuma saja jalur sepeda ini dibuat,”katanya.

Pria yang setiap hari menggunakan sepeda ini berharap, agar Kota Padang bisa menjadi tempat yang layak bagi pesepeda. Sebab, dijalan-jalan utama kota ini belum disediakan jalur khusus peseda.

“Di GOR saja yang digunakan sebagai tempat berolahraga, malah dipenuhi PKL,”katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Satpol PP Kota Yadrison mengatakan, akan kembali menertibkan PKL yang berjualan di kawasan GOR Agus Salim. Baik yang berjualan diatas trotoar, dan juga di jalur sepeda dan badan jalan.

“Seminggu kemarin, kita sudah dua kali tertibkan PKL disana. Nampaknya masih banyak PKL yang berjualan di fasum kawasan GOR itu,”kata Yadrison

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =