Kapolri: kepala daerah perlu sediakan tempat demonstrasi

Kapolri: kepala daerah perlu sediakan tempat demonstrasi
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengusulkan agar semua kepala daerah untuk menyediakan tempat demonstrasi agar rakyat yang ingin menyalurkan aspirasinya atau tuntutannya dapat dilakukan tanpa mengganggu ketertiban umum dan kepentingan rakyat.
Kapolri mengusulkan hal itu karena selama ini jika ada unjuk rasa dilakukan di pintu gerbang gedung DPR dimana massa demo menutup jalan Gatot Subroto yang juga menjadi simpul transportasi di Jakarta. Sehingga bisa menimbulkan kemacetan seluruh Jakarta.
Oleh karena itu, sejak menjadi Kapolda DKI Jakarta tahun 2015, Tito menyediakan taman aspirasi di depan Istana Presiden di kawasan Monas agar massa demontrasi tidak melakukan unjuk rasa di jalan raya, apalagi di jalan utama seperti jalan Sudirman dan jalan MH Thamrin yang menjadi simpul transportasi Jakarta.

Selaku Kapolri Tito meminta kepada semua kepala daerah dan ketua wakil rakyat untuk menyediakan tempat demontrasi bagi semua elemen masyarakat yang mau menyampaikan aspirasi dan tuntutannya. Karena sudah disediakan tempat demontrasi maka Polri bisa melarang demontrasi atau “long march” yang mengganggu ketertiban umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 3