Kapal Tenggelam di Laut Atlantik, 8 WNI Berhasil Diselamatkan

image_title

Photo :NASA, Potret Afrika Selatan dan Atlantik Selatan dari ISS

VIVA – Delapan orang warga negara Indonesia anak buah Kapal Ikan Dorneda berhasil diselamatkan, setelah kapal berbendera Spanyol itu tenggelam di Samudra Atlantik.

Kedutaan Besar RI di Buenos Aires menerima informasi dari Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina, bahwa kapal tersebut tenggelam pada 12 Juli pekan lalu. Di antara 27 kru kapal, 25 berhasil diselamatkan termasuk delapan ABK WNI tersebut

“Kapal berada sekitar 308 mil laut dari kota pelabuhan Comodoro Rivadavia. Dua kapal terdekat yakni Beagle I dan Farruco kemudian diperintahkan untuk mendatangi lokasi kapal Dorneda,” demikian penjelasan Kemlu Argentina kepada KBRI buenos Aires.

Kapal Beagle I berhasil membawa sembilan kru kapal yang selamat, termasuk satu ABK WNI, menuju pelabuhan Mar del Plata, Argentina, kemarin

Sementara itu, tujuh ABK WNI lainnya yang selamat, dibawa oleh kapal Farruco menuju ke pelabuhan Montevideo, Uruguay, beserta 16 kru kapal lainnya yang juga berhasil diselamatkan.

Hingga kini KBRI Buenos Aires tengah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk otoritas di Argentina dan Uruguay, untuk membantu pemulangan seluruh ABK WNI ke Tanah Air.

“Keselamatan WNI di luar negeri merupakan prioritas dan salah satu tugas utama KBRI Buenos Aires,” kata Dubes RI Niniek Kun Naryatie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

71 − = 63