Kampanye terbuka serentak di Pilkada Padang, polisi waspadai ancaman bentrok

Pengendara melintas di depan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di Jalan Sisingamangaraja, Padang, Sumatera Barat, Senin (2/4). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang, memastikan pihaknya bersikap netral dan membagi rata pemasangan atribut kampanye pilkada 2018. (ANTARA SUMBAR/Hakan Ravi/Maril/18)

Padang, (Padangnews Sumbar) – Polresta Padang Sumatera Barat mengantisipasi kemungkinan terjadinya bentrokan saat kampanye terbuka Pilkada Padang 2018 yang akan diselenggarakan Sabtu (23/6) di dua lokasi berbeda.

Kabag Ops Polresta Padang Kompol Ediwarman di Padang, Jumat, mengatakan kampanye kedua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang itu dilaksanakan pada waktu yang bersamaan sehingga rawan terjadi bentrokan.

“Kami telah melakukan rapat bersama KPU Padang dan perwakilan kedua pasangan calon untuk meminimalkan terjadinya bentrokan usai kampanye,” kata dia.

Ia mengatakan untuk pasangan calon nomor urut satu Emzalmi-Desri Ayunda akan melakukan kampanye di RTH Imam Bonjol mulai pukul 13.00 WIB.?

Sementara pasangan calon nomor urut dua Mahyeldi- Hendri Septa akan melaksanakan kampanye di pelataran parkir GOR Haji Agus Salim, juga mulai pukul 13.00 WIB.

“Kami telah menginstruksikan peserta kampanye untuk tidak melakukan konvoi dan tidak menggunakan mobil dengan bak terbuka,” katanya.

Sementara, untuk rute keberangkatan dan kembali dari lokasi kampanye kedua pasangan calon akan dipisahkan agar tidak terjadi bentrokan di jalan raya. Untuk pasangan nomor urut satu mereka diarahkan dari kawasan “bypass” melalui Jalan Raya Andalas, Sawahan hingga ke RTH Imam Bonjol.

Sedangkan untuk pasangan nomor urut dua, peserta kampanye akan berangkat dari kawasan “bypass” melalui kawasan Kalawi menuju Alai hingga GOR Haji Agus Salim.

Dalam melakukan pengamanan pihaknya akan menurunkan 700 personel polisi dari Polresta Padang dan dibantu oleh 104 personel TNI dari Kodim 0312/ Padang.?

“Seluruh personel gabungan tersebut akan kami bagi dua untuk mengamankan pelaksanaan kampanye kedua pasangan calon,” kata dia.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang M Sawati mengatakan jadwal kampanye yang ditentukan oleh KPU pada Sabtu (23/6) mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Untuk pengamanan kampanye kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar pelaksanaan berjalan lancar dan damai. Mari kita jaga pelaksanaan Pilkada Padang dengan baik,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 2