Jokowi Minta Dana Desa Jangan Dibelanjakan di Kota

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, jumlah dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat, merupakan kucuran dana terbesar dalam sejarah APBN Indonesia. Selama empat tahun terakhir, totalnya mencapai Rp186 triliun.

Pada 2015, kucuran dana desa mencapai Rp20 triliun, 2016 meningkat menjadi Rp47 triliun, 2017-2018 meningkat lagi masing-masing menjadi Rp60 triliun.
Kucuran dana yang cukup besar ke desa itu, diharapkan diperuntukkan untuk pemerataan pembangunan di seluruh desa di Indonesia. Sehingga, tidak ada lagi kesenjangan yang tinggi antara kota dan desa. Dia pun berharap, pembelian bahan bangunan dan barang lainnya yang menggunakan fasilitas itu dilakukan di desa atau dalam lingkup Kecamatan setempat. Sehingga, perputaran uang bisa deras di tingkat desa.
Presiden RI ke-7 tersebut juga berharap, penggunaan dana desa bisa meniru apa yang dilakukan pemerintah pusat yang saat ini. Yaitu, fokus kepada infrastruktur dan jika sudah selesai, tahap kedua fokus pada pembangunan sumber daya manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 + = 64