Jokowi Lantik Mensos Baru, Agus Gumiwang Tiba di Istana

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menggelar acara pelantikan terhadap menteri kabinet kerja sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019, Jumat (24/8) sore ini di Istana Negara, Jakarta. Sebelumnya, Idrus Marham baru saja menyatakan mengundurkan diri sebagai menteri sosial. acara pelantikan akan digelar pukul 15.00 WIB. Pelantikan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Politikus Golkar Agus Gumiwang yang diisukan bakal menggantikan Idrus pun sudah terlihat berada di Istana. Sekitar satu jam sebelumnya Idrus telah menyatakan mundur sebagai menteri sosial. Keputusan itu dibuat setelah dirinya menerima surat penyidikan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Istana mengakui nama politikus Golkar Agus Gumiwang mengemuka sebagai kandidat pengganti Idrus. Sementara politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo memastikan Agus Gumiwang telah ditunjuk menggantikan posisi Idrus tersebut.Idrus sendiri sudah tiga kali memenuhi panggilan KPK terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Penyidik menggali soal dugaan suap dan pertemuan Idrus dengan anggota DPR Johannes Kotjo dan Eni Maulani Saragih yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini. Eni diduga menerima uang Rp4,8 miliar secara bertahap dari Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama proyek PLTU Riau-I. Proyek ini merupakan proyek penunjukan langsung yang diserahkan pada anak usaha PLN, PT Pembangkitan Jawa-Bali sejak dua tahun lalu.

Sejauh ini KPK baru menetapkan Kotjo dan Eni sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 2 =