Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan

PADANG, HARIANHALUAN. COM–Komunitas Padang Kota Bingkuang menggelar lomba kreasi pangan lokal 2019, di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Minggu (17/2).

Acara yang diselenggarakan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK kota Padang diikuti oleh 104 kontestan yang terdiri dari perwakilan dari kelurahan se- Kota Padang dan masyarakat umum.

Hal unik dan spesial dalam even ini, semua bahan dasar panganan yang dilombakan berasal dari Bingkuang yang selama ini dikenal sebagai ikon Kota Padang.

Ketua Pelaksana, Mazahar Putra, dalam sambutannya mengatakan, perlunya mengangkat kembali kearifan lokal yang selama ini hampir ditinggalkan oleh sebagian masyarakat di kota Padang.

Hadir dalam kegiatan ini Harneli Mahyeldi sebagai Ketua Tim Penggerak PKK kota Padang dan Athari Ghauti Ardi sebagai sponsor utama kegiatan, serta para alumni FPUA Unand angkatan 87 dan para tamu undangan lainnya dari berbagai instansi.

Sementara tiga orang tim penilai (juri) terdiri dari praktisi, BBPOM Padang, dan ahli tata boga dari UNP, memutuskan pemenang dari bermacam ketegori yaitu, untuk kategori umum juara 1 dari Kelurahan Lubuk Buaya dengan olahan (Dimsum Bingkuang).

Kategori Pengembangan resep juara 1 kembali diraih Lubuk buaya dengan olahan (Dimsum Bingkuang). Kategori Citarasa tampilan juga diraih oleh Lubuk Buaya, dan, katetori Keamanan Pangan (Pie Bingkuang) Juara 1 diraih Kelurahan Tanah Ombak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

61 − = 56