Jadwal Pendaftaran Pilpres tak Akan Mundur

Jadwal Pendaftaran Pilpres tak Akan Mundur

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman–Antara/Aprilio Akbar

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan jadwal pembukaan pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 tidak akan berubah, sesuai jadwal dalam Peraturan KPU (PKPU). Pendaftaran dimulai awal Agustus dan ditetapkan pada 20 September 2018.

“Proses pengajuan akan dilakukan pada 4-10 Agustus, jadi tidak ada perubahan jadwal,” kata Ketua KPU Arief Budiman seperti dilansir dari Antara, Jumat, 27 Juli 2018.

Arief mengingatkan kepada gabungan partai politik peserta pemilu agar tak mendaftarkan bakal paslon capres dan acawapresnya di menit-menit terakhir. Alasannya, agar parpol memiliki kesempatan untuk memperbaiki berkas persyaratan apabila ditemukan kekurangan.

Komisioner KPU Hasyim Asyari menjelaskan setelah masa pendaftaran, bakal capres dan cawapres akan menjani pemeriksaan kesehatan pada 5-13 Agustus 2018.

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan administratif bakal pasangan calon pada 11-14 Agustus yang hasilnya akan diberatahukan secara tertulis pada 15-17 Agustus.

“Perbaikan atau melengkapi persyaratan administratif dilakukan pada 18-20 Agustus, lalu verifikasi perbaikan itu akan dilakukan 22-24 Agustus dan pemberitahuan hasilnya pada 25-27 Agustus,” kata Hasyim.

Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan administratif pada 11-14 September dan pemberitahuan hasil verifikasi pada 15-19 September.

“Penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden sudah dijadwalkan pada 20 September, dan penetapan nomor urut dilakukan satu hari setelahnya, yaitu 21 September,” tutur Hasyim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

77 − 69 =