Jadwal dan Tarif Kereta Api Bandara Minangkabau

Jakarta, CNN Indonesia — Kereta Api Bandara Minangkabau, Padang, Sumatera Barat atau dikenal dengan KA Minangkabau Ekspress resmi beroperasi pada Senin (21/5).

Peresmian pengoperasian KA Bandara ke-tiga di Indonesia itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno.

KA Minangkabau Ekspres ini melayani masyarakat dari Stasiun Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit, lebih cepat dibandingkan motor atau mobil yang pada hari biasa bisa memakan waktu tempuh 45 menit dan pada akhir pekan bahkan bisa satu jam.

Setiap harinya disiapkan sepuluh perjalanan kereta, di mana terdapat empat stasiun pemberhentian yakni Stasiun Padang, Stasiun Tabing, Stasiun Duku dan Stasiun BIM (Bandara Internasional Minangkabau).

Jadwal keberangkatan mulai pukul 06.15 sampai pukul 16.20 WIB dari Stasiun Padang dan mulai pukul 07.40 sampai pukul 17.55 WIB dari Stasiun BIM.

Untuk mendukung pengoperasian KA Bandara Internasional Minangkabau, telah disiapkan satu rangkaian KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) produksi dalam negeri, yaitu PT INKA.

Satu rangkaian KA Bandara terdiri dari empat kereta yang dapat mengangkut 348 penumpang.

Sarana KA Bandara ini juga telah dilengkapi fasilitas yang mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus.

Dalam rangka menarik minat masyarakat di Wilayah Sumatera Barat untuk beralih menggunakan KA Bandara ini, tarif KA Minangkabau Ekspres menggunakan skema KA Perintis.

Dengan skema ini, maka jarak dari Stasiun Padang hingga Stasiun BIM, penumpang cukup membayar tarif sebesar Rp10 ribu per orang.

Pembangunan KA Bandara Minangkabau Ekspres telah dimulai sejak 2012 sampai akhir tahun 2017.

Jalur KA Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) membentang sepanjang kurang lebih 22,7 kilometer dari Stasiun Padang hingga Stasiun Bandara Internasional Minangkabau.

Jalur KA sepanjang 18,8 kilometer merupakan jalur KA eksisting dari Stasiun Padang sampai Stasiun Duku, sedangkan jalur KA dari Stasiun Duku ke Stasiun Bandara Internasional Minangkabau sepanjang 3,9 kilometer adalah jalur KA baru.

Adapun pembiayaan pembangunan KA Bandara ini bersumber dari APBN dengan alokasi anggaran sebesar Rp300 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 93 =