Jadi Ancaman Nyata Begini Komitmen Dinas LH Padang Atasi Sampah Plastik

Jadi Ancaman Nyata Begini Komitmen Dinas LH Padang Atasi Sampah Plastik
Dinas lingkungan hidup Padang beri pemaparan ancaman sampah plastik, Rabu, (24/7/2018)

 

 

 

Minangkabaunews

PADANG – Pemerintah melakukan berbagai upaya mengatasi persoalan sampah, khususnya sampah plastik, yang menjadi ancaman nyata bagi lingkungan hidup di Kota Padang.

Termasuk Perwako No 36 tahun 2018 tentang pengendalian sampah plastik, insentif dan disentif, yang berlaku bertahap efektif diberlakukan pada tahun 2020.

Kadis Lingkungan Hidup Padang, Al-Amin mengatakan, “Saat ini Kota Padang menghasilkan sampah 400-600 ton perhari, dari 400 ton itu 15 persen diantaranya sampah plastik,” tuturnya di media center Padang, Rabu, (24/7/2018).

Karena itu, upaya pencegahan sangatlah penting. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak masyarakat tak sembarangan membuang sampah plastik atau styrofoam sembarangan,” imbuhnya.

Baru-baru ini Pemko Padang meluncurkan program Raun asyik keliling Kota Padang yang pembayarannya dengan sampah plastik.

Lanjutnya, Perubahan perilaku masyarakat sangat diharapkan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang tak kunjung usai.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Padang, Al-Amin menegaskan, masyarakat jangan menunggu bencana baru sadar akan sampah. Semua harus dilakukan melalui pencegahan secara berkesinambungan.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup, kata Al-Amin, juga sudah melakukan upaya mengurangi sampah plastik dengan mengurangi konsumsi plastik sekali pakai yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya di Padang.

Dia mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan memerlukan kesabaran dan penyampainya harus menyenangkan.

“Kita enggak bisa marah-marah ngomong eh jangan buang sampah sembarangan, dong! kita harus pelan-pelan dan sabar waktu ngajak buang sampah pada tempatnya. Apalagi ke anak muda kita harus pakai cara yang fun,” jelasnya. (RI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 4