ISIS Klaim Serangan Bom Bunuh Diri yang Menargetkan Wapres Afghanistan

ISIS Klaim Serangan Bom Bunuh Diri yang Menargetkan Wapres Afghanistan

 

 

 

KABUL – Kelompok ekstrimis ISIS mengklaim menjadi dalang serangan bom bunuh diri di Kabul. ISIS mengatakan seorang pembom bunuh diri yang menargetkan wakil Presiden Afghanistan di dekat bandara Kabul.

Dikatakan bahwa pembom meledakkan jaket bunuh diri pada perayaan yang diadakan untuk menyambu wakil presiden, Abdul Rashid Dostum, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Klaim tersebut dilaporkan oleh kantor berita milik kelompok itu AMAQ, seperti dikutip dari Reuters, Senin (23/7/2018).

Dostum lolos dari serangan bom bunuh diri di bandara Kabul. Dostum baru kembali ke Afghanistan, Minggu (22/7/2018), setelah lebih dari setahun di pengasingan di Turki atas tuduhan menyiksa dan menyalahgunakan kekuasaan terhadap pesaing politiknya.

“Sebanyak 10 orang tewas dan terluka dalam ledakan itu,” kata jurubicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Najib Danish.

Jurubicara polisi Kabul Hashmat Stanekzai mengatakan ledakan itu terjadi di dekat pintu masuk bandara utama, di mana para pendukung telah menunggu untuk menyambut Dostum saat iring-iringan mobilnya melintas dalam perjalanan ke pusat kota.

“Jumlah korban mungkin meningkat. Ledakan itu terjadi tepat setelah konvoi Dostum meninggalkan bandara,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 36 = 45