Indonesia Terpilih Sebagai Wakil Ketua Codex 2017-2018

Dimas Setiawan :
Indonesia Terpilih Sebagai Wakil Ketua Codex 2017-2018
 
Prof. Purwiyatno Hariyadi dari Indonesia terpilih sebagai Wakil Ketua Codex Alimentarius Commission (CAC) periode 2017-2018 pada pemilihan yang berlangsung selama Pertemuan CAC ke-40 di Jenewa pada tanggal 19 Juli 2017.
 
Dengan dukungan bersama Kementerian Luar Negeri, Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan PTRI Jenewa, Purwiyatno, guru besar pada Institut Pertanian Bogor (IPB), berhasil meraih suara tertinggi sebanyak 103 suara dari total 122 suara, mengalahkan kandidat Inggris dan Lebanon yang masing-masing meraih 102 suara, dan kandidat Papua Nugini sebanyak 59 suara.
 
Tiga kandidat peraih suara terbanyak menduduki tiga posisi Wakil Ketua Codex. Para Wakil Ketua Codex ini selanjutnya akan bekerja sama dengan kandidat Brasil yang terpilih sebagai Ketua Codex periode 2017-2018 pada pemilihan hari sebelumnya. Pada praktik periode-periode sebelumnya, Ketua dan Wakil Ketua Codex diperpanjang masa penugasannya sampai dua periode.
 
Ketua dan Wakil Ketua dari Brasil, Indonesia, Inggris dan Lebanon tersebut akan tergabung dalam Executive Committee yang merupakan badan eksekutif Codex.
 
Bagi Indonesia, peran aktif di Codex adalah penting karena statusnya sebagai badan pembentuk standar internasional yang menjadi acuan dan rujukan global dalam standarisasi pangan guna melindungi kesehatan konsumen dan memfasilitasi perdagangan pangan internasional yang adil.
 
Dalam sambutan kemenangan, mewakili delegasi Indonesia, Kepala BSN, Bambang Prasetyo menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah mendukung pencalonan Prof. Purwiyatno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 77 = 79