Gunung Merapi Erupsi, Garuda Batalkan 14 Penerbangan ke Yogya

Gunung Merapi Erupsi, Garuda Batalkan 14 Penerbangan ke Yogya
Pesawat Garuda Indonesia. (REUTERS/Darren Whiteside)

 

 

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk membatalkan 14 penerbangan ke Bandara Adisutjipto, Yogyakarta hingga sore ini karena gangguan debu vulkanik letusan Gunung Merapi.

Sekretaris Perusahaan Hengki Heriandono memaparkan awalnya perusahaan hanya membatalkan delapan penerbangan yakni, rute pulang pergi (PP) Yogyakarta-Denpasar sebanyak satu penerbangan, Yogyakarta-Jakarta dua penerbangan, dan Yogyakarta-Balikpapan dua penerbangan.

“Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Merapi tersebut, kami juga telah mempersiapkan contingency plan (rencana darurat) untuk penanganan penerbangan yang terdampak, termasuk penanganan penumpang,” papar Hengki dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (11/5).

Namun, pembatalan keberangkatan dari dan menuju Yogyakarta bertambah enam pada siang hari. Enam penerbangan itu, yakni dua penerbangan Jakarta-Yogyakarta pp dan Surabaya-Yogyakarta pp.

Hengki mengatakan keputusan itu dilakukan untuk menjaga keselamatan operasional penerbangan. Sejauh ini, Hengki mengaku perusahaan pelat merah ini memberikan pilihan kepada penumpang yang terdampak, misalnya mengubah jadwal penerbangan, mengubah rute tujuan, dan uang pembelian tiket kembali sepenuhnya.

“Garuda Indonesia akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan aktivitas sebaran abu vulkanik yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan,” sambung Hengki.

Dihubungi secara terpisah, Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengungkapkan hingga saat ini Bandara Adisutjipto masih ditutup hingga pukul 16.30 WIB setelah sempat dibuka pada pukul 11.40 WIB.

Untuk saat ini, Garuda Indonesia masih fokus dalam menangani penumpang yang terkena dampak dari pembatalan jadwal penerbangan ke Yogyakarta. Sehingga, perusahaan belum menghitung kerugian dari kondisi ini.

“Belum kami hitung, kami fokus dulu ke penanganan penumpangnya,” ucap Ikhsan.

Kendati penerbangan ke Yogyakarta dibatalkan, kata Ikhsan, penumpang bisa tetap berangkat dengan perubahan jadwal sebagai bentuk kompensasi. Hal itu merupakan pilihan dari masing-masing penumpang.

“Update lainnya nanti kami susulkan ya,” pungkas Ikhsan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =