Gunung Es Besar Ancam Sebuah Desa di Greenland

Gunung Es Besar Ancam Sebuah Desa di Greenland

Gunung es sudah mendekati sebuah desa di Greenland. (Foto: AFP)

 

 

 

Innaarsuit: Gunung es besar terus bergerak mendekati sebuah desa di Greenland. Warga khawatir gunung es itu akan pecah dan menimbulkan gelombang besar yang dapat menghantam permukiman.

Desa yang terancam oleh gunung es itu berada di Pulau Innaarsuit di Greenland barat. Warga desa yang berjumlah total 169 jiwa telah dievakuasi.

Juru bicara Kepolisian Greenland, Lina Davidsen, bahwa “warga dievakuasi pada Jumat pagi di tengah kekhawatiran banjir akan menghantam tempat itu sebagai akibat dari pecahnya gunung es.”

“Semua orang di daerah bahaya telah dievakuasi ke sebuah bangunan jauh dari desa. Evakuasi dilakukan karena gunung es sudah begitu dekat dengan desa,” tambahnya, seperti dikutip dari Sky News, Minggu 15 Juli 2018.

Innaarsuit terletak sekitar 997 kilometer utara dari Nuuk, ibu kota Greenland dan kota terbesar di sana.

Gempa bumi dan tsunami telah menciptakan banjir besar di Greenland dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut sejumlah ahli, risiko pecahnya gunung es di Greenland menjadi lebih besar seiring perubahan iklim. Sebuah gunung es selebar enam kilometer lepas dari gletser di Greenland timur pada Juni lalu.

Profesor New York University, David Holland, pakar dalam bidang atmosfer dan ilmu kelautan, mengatakan, “Ini adalah peristiwa terbesar yang pernah kami lihat dalam lebih dari satu dekade terakhir di Greenland.”
(WIL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 89 = 98