Gubernur imbau masyarakat Sumbar tingkatkan kewaspadaan

Gubernur Sumatera Barat Irwan. (ANTARA SUMBAR/ Mario S Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan lebih peduli dengan tetangga di lingkungan sehingga jika ada orang tidak dikenal dan mencurigakan dapat segera dilaporkan ke pihak berwenang.

“Jika masyarakat peduli dengan lingkungan sekitar maka bisa dideteksi lebih awal orang-orang yang hendak berbuat teror,” kata dia, di Padang, Senin.

Ia mengatakan seluruh masyarakat harus meningkatkan silaturahim sehingga lebih saling kenal satu sama lain.

Selain itu untuk pencegahan Gubernur mengajak seluruh pihak baik tokoh masyarakat maupun para orang tua mendata dan memantau anggota keluarga serta memastikan tidak terpapar pemikiran radikal.

“Kalau ada yang sudah terdeteksi mari bina bersama-sama untuk diberikan pemahaman yang benar,” kata dia.

Ia mengatakan kuncinya adalah kepedulian sehingga Sumatera Barat bisa terhindar dari aksi teror.

“Tapi kalau masyarakat sudah cuek dan tidak peka dengan lingkungan itu jadi pintu masuk,” ujarnya.

Irwan mengatakan pihaknya akan mengeluarkan imbauan yang akan disebarkan ke masyarakat terkait dengan meningkatkan kehati-hatian.

Sementara PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, memperketat pengamanan dan akses menuju bandara sebagai upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

” Di pintu gerbang bandara saat ini dilakukan pemeriksaan terhadap semua kendaraan yang masuk,” kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra.

Ia menyampaikan pemeriksaan dilakukan oleh petugas keamanan terpadu yang diperbantukan dari personel TNI AU dan AL serta unsur kepolisian dari Polsek Kawasan BIM dan petugas dari Avsec Bandara Minangkabau.

“Ini bertujuan mengantisipasi berbagai kemungkinan dan menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung bandara,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 72 = 75