GOR BATU BATUPANG PENUH SAMPAH OPD Saling Lempar Tanggung Jawab

OPD Saling Lempar Tanggung Jawab

AROSUKA, HALUAN – Jambore Pekat yang digelar bersamaan dengan perayaan malam tahun baru 2018 di GOR Batu Batupang Kotobaru, Kec Kubung telah dua pekan berlalu. Namun tumpukan sampah sisa-sisa pelaksanaan kegiatan itu masih saja menumpuk dan berserakan di sepanjang pelataran parkir GOR kebanggaan Kabupaten Solok itu.

 

Pantauan Haluan di GOR Batu Batupang, Minggu (14/1), tumpukan sampah yang terdiri dari plastik dan sisa makanan berejer di depan pintu gerbang masuk tribun sepakbola bekas lokasi yang menjadi area perkemahan kegiatan jambore tersebut. Kondisi yang merusak pemandangan tersebut praktis mengganggu kenyamanan para pengunjung yang saban hari datang ke lokasi itu untuk berolahraga dan berekreasi.

“Sampah itu sudah menumpuk dan dibiarkan berserak sejak malam tahun baru lalu. Namun masih belum dibersihkan juga, malah makin dibiarkan berserakan,” kata Leni salah seorang warga yang tipahari berkunjung ke lokasi itu kepada Haluan.

 

Terkait sampah yang menumpuk tersebut, pihak yang terkait dengan pengelolaan GOR seolah saling lempar tanggung jawab. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Solok, Abdul Manan menyebutkan, pengelolaan sampah di GOR tersebut berada di bawah pengelolaan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kab Solok. Sementara pihaknya hanya bertanggung jawab untuk pengangkutan saja. “Kalau sudah dimuat ke dalam kontainer, baru kami yang angkut. Kalau untuk menyapu dan membersihkan, itu tanggung jawab Bagian Umum,” kata Abdul Manan via selulernya.

 

Menanggapi itu, Kabag Umum Setda Kabupaten Solok, Sony Sondra saat dihunungi melalui telponselulernya belum bisa sihubungi. Namun menurut salah seorang petugas pengelola GOR tersebut, Ali Topan, tanggung jawab penanganan sampah tersebut seharusnya berada di tangan Dinas Kesbangpol sebagai penanggungjawab kegiatan Jambore pekat akhir tahun lalu. “Mereka yang punya hajat (Kesbangpol, red), harusnya mereka yang bertanggungjawab membersihkan. Bagian Umum hanya menfasilitasi tempat pelaksanaan saja. Kalau seperti ini kan kami di bagian umum yang disalahkan masyarakat,” kata Ali.

 

Namun demikian pihaknya tidak menampik jika secara keseluruhan pengelolaan Gor berada dibawah bagian umum. Sebagai petugas, pihaknya hanya melakukan sesuai perintah atasannya saja yaitu kabag umum. “Sejauh ini belum ada koordinasi antara kabag dengan kami untuk membersihkan ini. Kalau ada perintah, tentu sudah kami bersihkan tanpa harus menunggu lama seperti ini,” ujar Ali.

 

Senada dengan itu, Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kabupaten Solok, Chairul membenarkan jika pengelolaan sampah tersebut masih berada di bawah tanggung jawab Kesbangpol sebagai penanggungjawab kegiatan Jambore. Karena menurutnya, dari rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan Jambore itu, urusan kebersihan menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup.

“Kita tidak tahu bagaimana koordinasinya antar OPD yang terlibat dalam kepanitiaan acara. Tugas Bagian Umum hanya memfasilitasi tempat bukan masalah kebersihan,” kata Chairul. Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kab Solok Junaidi belum bisa dihubungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − 32 =