Gempa Berkekuatan 8 SR Guncang Meksiko Selatan

Dimas Setiawan
 
Gempa berkekuatan 8 skala Richter (SR) melanda pantai selatan Meksiko. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pusat pemantau gempa Survei Geologi Amerika Serikat (AS), USGS.
 
Besar kekuatan gempa membuat bangunan di ibu kota Meksiko, Mexico City, bergoyang dan menewaskan sedikitnya 2 orang. Gempa tersebut adalah yang terkuat melanda Meksiko sejak 1985 pada Kamis malam, membuat orang-orang di Mexico City berlarian ke jalanan.
 
Menurut USGS pusat gempa berjarak 123km barat daya kota Pijijiapan, pada kedalaman 33km. Sistem Peringatan Dini AS mengatakan bahwa gelombang tsunami yang berbahaya dapat terjadi dalam tiga jam ke depan di pesisir Pasifik beberapa negara Amerika Tengah – Meksiko, Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Honduras dan Ekuador.
 
Pertahanan Sipil di Chiapas mengatakan di akun Twitter-nya bahwa personilnya berada di jalanan untuk membantu orang-orang dan memperingatkan penduduk untuk bersiap menghadapi gempa susulan.
 
Gempa tersebut begitu kuat sehingga penduduk yang ketakutan di ibu kota Meksiko yang jauh meninggalkan gedung apartemen, hanya mengenakan piyama, dan berkumpul berkelompok di jalan. Bagian lain dari Mexico City terlihat tanpa listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 1 =