Gempa 6,1 SR Hantam Jepang, Tiga Orang Tewas

Gempa 6,1 SR Hantam Jepang, Tiga Orang Tewas

Air meluap dari jalan yang retak akibat gempa di Osaka. (Foto: CNN)

Tokyo: Setidaknya tiga orang tewas akibat gempa bumi yang melanda Jepang berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) . Selain itu, 40 orang juga dilaporkan terluka.

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan. Wilayah yang paling terkena dampak gempa adalah prefektur Osaka, di Pulau Honshu sekitar pukul 8 pagi waktu setempat.

Dilansir dari CNN, Senin 18 Juni 2018, gambar-gambar di televisi menunjukkan barang-barang berserakan dan sejumlah bangunan rusak.

Kereta api dan kereta bawah tanah pun segera dihentikan operasinya menyusul terjadinya gempa tersebut, serta sekitar 170 ribu rumah harus mengalami pemadaman listrik.

“Salah satu warga tewas adalah gadis berusia 9 tahun yang sedang berangkat sekolah dan pria dewasa,” kata juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga.

Perdana Menteri Shinzo Abe pun langsung mengeluarkan instruksi kepada seluruh petugas penyelamatan. Ia juga menegaskan pemerintah bersatu dengan prioritas pertama menyelamatkan kehidupan warga.

Gempa Guncang Osaka Jepang, Tak Ada Korban WNI

Gempa 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Jepang, tepatnya di Prefektur Osaka. Sejauh ini, tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi korban tewas maupun luka.

“Sejauh ini tidak ada WNI di antara korban jiwa dan luka-luka tersebut,” tulis pernyataan resmi dari KJRI Osaka lewat akun Twitter @kjriosaka, Senin, 18 Juni 2018.

Pemerintah Jepang telah keluarkan peringatan kemungkinan gempa susulan dengan skala yang sama atau lebih besar dalam beberapa hari ke depan, dan KJRI Osaka meminta WNI untuk selalu waspada.

“Seluruh WNI di Osaka dan sekitarnya diharapkan dapat tetap tenang dan waspada serta memantau dan mengikuti imbauan otoritas setempat,” lanjut pernyataan itu.

KJRI Osaka juga telah membuka hotline KJRI di +81 80 3113 1003 (telepon, SMS, Whatsapp & Line) jika ada WNI yang membutuhkan bantuan.

Diketahui saat ini tiga orang telah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya terluka akibat gempa yang mengguncang Osaka sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Perdana Menteri Shinzo Abe pun langsung mengeluarkan instruksi kepada seluruh petugas penyelamatan. Ia juga menegaskan pemerintah bersatu dengan prioritas pertama menyelamatkan kehidupan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 7 = 15