Ganjil Genap Tol Jagorawi, PNS Ganti Pelat Nomor di Jalan

Ganjil Genap Tol Jagorawi, PNS Ganti Pelat Nomor di Jalan
Ilustrasi ganjil genap di tol Cibubur dan Jagorawi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Uji coba ganjil-genap di gerbang tol Jagorawi mulai diberlakukan, Senin (16/4), terhitung sejak 06.00 WIB. Kendaraan golongan I berpelat ganjil hari ini dilarang masuk tol.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 06.10 WIB ruas arah gerbang Tol Cibubur II terpantau cukup padat. Kendaraan mulai dialihkan di depan Cibubur Junction.

Beberapa kendaraan berplat ganjil terlihat masih mencoba masuk tol, namun dihalangi oleh petugas dan dialihkan untuk memutar ke jalan Raya Bogor.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengatakan lalu lintas sudah cukup padat sejak sebelum pukul 06.00 WIB.

“Sebelum jam 06.00 WIB tadi sempat padat masyarakat di sini masih belum menemukan pola. Kalau di jalan Cikampek sudah menemukan pola,” kata dia di dekat gerbang Tol Cibubur II, Jakarta, Senin (16/4).

Benyamin menyebut kondisi tersebut akan berlangsung hingga siang nanti pada pukul 09.00. Ia menambahkan masyarakat kebanyakan sudah mentetahui adanya uji coba ganjil-genap tersebut.

Ia optimistis satu minggu kedepan lalu lintas menuju ke gerbang Tol Cibubur II akan lebih lancar.

“Saya yakin tidak sampai satu minggu sudah lancar,” katanya.

Sempat juga terpantau salah satu pengendara memprotes polisi yang memberhentikan mobilnya karena berplat ganjil. Ia beralasan buru-buru menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma.

“Saya buru-buru mau ke Bandara saya sudah terlambat, kalau lewat sana macet,” ujar salah satu pengendara tersebut.

Polisi lantas memberi izin pengendara memasuki gerbang Tol Cibubur II.

Terpantau juga salah satu kendaraan yang diketahui milik Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengganti pelat nomornya agar bisa masuk melalui gerbang Tol Cibubur II.

Kendaraan sedan hitam tersebut sempat menepi di salah satu ruas jalan yang tak jauh dari gebang tol, Jalan Karunia Bakti. Sopir yang mengantar penumpang tersebut keluar dari mobil Toyota Vios dan mencopot pelat hitam bernomor ganjil, lalu menggantinya dengan pelat merah bernomor genap.

Usai mengganti pelat nomor, mobil tersebut tancap gas menuju tol.

“Kendalanya masyarakat masih mencoba masuk ke sini sebagian masih belum mengerti ini termasuk sosialisasi. Mungkin masyarakat tidak tahu tanggal pelaksanaannya. Masyarakat mendukung sepertinya,” kata Benyamin.

Benyamin menyebut masyarakat bisa beralih ke Jalan Raya Bogor atau masuk melalui pintu tol lain seperti melalui pintu Tol Cikeas dan Taman Mini. Selain itu masyarakat juga bisa berangkat lebih awal sebelum ganjil genap diberlakukan. (gil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 2