Ducati Masih Menjadi Raja MotoGP Austria

Ducati Masih Menjadi Raja MotoGP AustriaJorge Lorenzo merayakan keberhasilan menjadij juara bersama tim Ducati. (REUTERS/Lisi Niesner)

 

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Sejak MotoGP Austria kembali digelar pada 2016, tim Ducati selalu berhasil menempatkan para pebalapnya tampil sebagai juara.

Jorge Lorenzo menjadi pebalap Ducati ketiga yang berhasil menjadi juara di MotoGP Austria. Lorenzo yang sempat bersaing ketat dengan Marc Marquez untuk memperebutkan gelar juara, mengikuti jejak Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

Sempat vakum selama 18 tahun, MotoGP Austria kembali digelar di Red Bull Ring pada 2016. Ketika itu Iannone berhasil finis paling depan. Iannone membukukan catatan waktu 39 menit 46,255 detik atau lebih cepat hampir satu detik dari Dovizioso.

Setahun berselang giliran Dovizioso yang sukses meraih gelar juara di sirkuit sepanjang 4,318 kilometer. Dovizioso yang mempertajam catatan waktu Iannone menjadi 39 menit 43,323 detik mengungguli dua pebalap Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Dua pebalap Ducati berada di podium MotoGP Austria 2018.Dua pebalap Ducati berada di podium MotoGP Austria 2018. (REUTERS/Lisi Niesner)

Keberhasilan Ducati menguasai MotoGP Austria tidak lepas dari karakter motor yang pas dengan trek Red Bull Ring.

Kemampuan motor Ducati pula yang membuat Marc Marquez gigit jari dua kali karena selalu menempati peringkat kedua pada 2017 dan 2018.

Kendati berhasil menjadi juara tiga kali secara beruntun, jumlah gelar Ducati masih kalah dibanding Yamaha yang memenangi delapan balapan kelas utama di MotoGP Austria.

Sementara Honda dan Suzuki tercatat mengumpulkan tujuh kemenangan di kelas utama.

MotoGP Austria sempat ditiadakan karena minimnya minat penonton. Sebelum kembali bergulir dua tahun lalu, pebalap terakhir yang menjadi kampiun di Austria adalah Mick Doohan.

Selain Sirkuit Red Bull Ring atau yang pernah dikenal dengan nama A1 Ring, sirkuit lain yang pernah menggelar MotoGP Austria adalah Salzburgring. Sirkuit tersebut menjadi tuan rumah sejak tahun 1971 hingga 1994. (jun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 1