Ditinggal Pergi Melayat, Rumah di Pasar Sumani Hangus Dilalap Api

Ditinggal Pergi Melayat, Rumah di Pasar Sumani Hangus Dilalap ApiInilah rumah di Pasar Sumani yang ludes dilalap api. YESSI
Ditinggal Pergi Melayat, Satu Unit Rumah di Pasar Sumani Hangus Dilalap Api
SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Sudah jatuh tertimpa tangga, pribahasa tersebut kini dialami oleh Sum (50) warga Nagari Sumani, Kabupaten Solok. Pasalnya, rumah kayu yang sudah dihuninya bertahun-tahun hangus dilalap sijago merah saat ditinggal pergi melayat ke tempat saudaranya.
Yanto (36) masyarakat setempat mengatakan, pemilik rumah yang biasa menjual jajanan anak itu sedang ditimpa kemalangan sehingga sedang tidak di rumah saat kejadian.”Kasihan, beliau lagi kemalangan. tambah lagi rumahnya kayu jadi mudah dihabiskan api,” ucap Yanto.
Seorang saksi mata,  Intan (29) yang berkedai di samping kediaman Sum, menuturkan dia tersentak dan berteriak ketika melihat api yang sudah berkobar di rumah yang sedang ditinggal penghuninya tersebut. Sontak wargapun langsung berkerumun dan dengan sigap bahu membahu memadamkan api.
“Saya cukup panik, karena kedai saya disebelah ini. Saat saya lihat api langsung saya “mamakiak” minta bantuan warga. Warga langsung berupaya memadamkan api yang sudah berkobar dengan air, agar api tidak menyebar ke rumah-rumah lain. Untungnya cuma satu rumah ini yang kena,” terangnya menggebu-gebu sambil menunjuk-nunjuk rumah Sum.
Peristiwa yang bertempat di kawasan sentral pasar Sumani itu, terjadi pukul 22.30 WIB Senin malam (18/6). Beberapa waktu berselang, tiga unit mobil pemadam kebakaran datang dan pada pukul 02.00 dini hari api baru berhasil dijinakkan. “Berjam-jam api belum juga padam, warga tetap berupaya menyiram air. Mobil damkar datang, tapi airnya sedang sedikit, makanya sampai tiga jam lebih titik api masih ada,” imbuh Intan  yang ditemui harianhaluan.com saat sedang duduk menuggui kedai.
Saat hendak dikonfirmasi harianhaluan.com, Selasa (19/6) pemilik rumah masih belum memberikan keterangan. Pada kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa karena seluruh penghuni rumah ikut pergi melayat. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut dan jumlah kerugian yang diderita korban.(h/mg–yes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 1