Disdukcapi Sumbar bantah KTP el WNA dalam DPT dari Sumbar

Padang (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memastikan KTP elektronik yang dimiliki Warga Negara Asing (WNA) di daerah itu hingga bisa terdaftar dalam DPT tidak berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Kepala Dinas Pengendalian Keluarga Berencana, Kependudukan dan Catatan Sipil Sumbar, Novrial pihaknya sudah berkoordinasi dengan 19 Disdukcapil kabupaten/kota di Sumbar. Tidak ada satupun Disdukcapil yang menerbitkan KTP elektronik untuk WNA.
Hal tersebut diungkapkan Novrial menanggapi beredarnya informasi tiga orang WNA memiliki KTP di Sumbar, sekaligus terdaftar di DPT.

Ia menyebutkan terkait pendataan pemilih, kewenangan Disdukcapil yakni menyerahkan Data Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pada KPU sementara dalam pemutakhiran data lanjutan melalui beberapa tahapan dilakukan oleh KPU.

Analisis data DP4 yang diserahkan untuk Pemilu 2019, dipastikan tidak ada WNA yang “terselip” di dalamnya. Karena itu, jika fakta saat ini ada WNA yang punya KPT Elektronik dan terdaftar dalam DPT, perlu penelusuran lebih jauh untuk mengetahuinya.

Saat ini , Disdukcapil Sumbar masih fokus untuk pencetakan KTP elektronik bagi WNI, karena masih banyak masyarakat yang baru berusia 17 tahun yang belum memiliki KTP dan masyarakat yang pindah domisili.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

41 + = 43