Dini Hari, Si Jago Merah Lalap 20 Toko di Pasar Balai Selasa Pessel

Dini Hari, Si Jago Merah Lalap 20 Toko di Pasar Balai Selasa Pessel
Kondisi pasar tradisional Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir yang menghanguskan sebanyak 20 petak toko pedagang. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Lagi-lagi kebakaran hebat melanda Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Pasar Tradisional Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir. Kali ini, sebanyak 20 petak toko ludes dilalap si Jago Merah, pada Senin (14/5), sekitar pukul 1.30 WIB dini hari.

Informasi yang dirangkum Haluan, selain menghanguskan sejumlah petak toko milik warga, sejumlah barang dagangan ikut terbakar. Akibat kejadian ini, belum dapat di taksir berapa kerugian yang dialami oleh para pedagang.

Dihubungi terpisah, Kasat Pol PP dan Damkar Dailipal menyebutkan, sumber api diduga berasal dari hubungan arus pendek (korsleting listrik), disalah satu pemilik toko yang berada dilokasi pasar tersebut.

“Begitu mendapat informasi, kita langsung menurunkan tim kelokasi. Petugas Damkar kita datangkan dari cabang Balai Selasa, Kambang dan Painan,” jelas Dailipal di Painan.

Lebih lanjut dijelaskan, api dengan cepat menyambar sejumlah bangunan toko yang ada di sebelahnya. Saat kejadian, warga berinsiatif memadamkan api dengan peralatan seadanya, hingga akhirnya petugas Damkar datang kelokasi untuk menjinakkan api.

“Api berhasil kita padamkan sekitar pukul 05.45 Wib, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran diturunkan kelokasi kejadian. Beruntung dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Saat itu pasar dalam keadaan kosong, namun kerugian belum bisa ditaksir,” terangnya.

Pemkab Akan Segera Bangun Pasar Modern di Balai Selasa.

“Ya, sudah kami anggarkan tahun ini. Sekarang sudah masuk tahap tender. Anggarannya kurang lebih sekitar Rp2,5 miliar. Selain itu, kita juga akan menyegerakan pembangunan Pasar Labuhan,” ungkap Bupati.

Bupati menghimbau, agar seluruh masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan saat meninggalkan rumah. Sebab, persoalan kebakaran tidak bisa dianggap peristiwa biasa saja. Dampak dari kebakaran, kata Bupati, bisa menimbulkan kerugian yang sangat luar biasa bahkan bisa korban jiwa.

“Jadi, kita berharap kepada masyarakat agar selalu waspada. Perhatikan sejumlah peralatan yang dapat memicu terjadinya kebakaran, seperti kompor, listrik, obat nyamuk dan sebagainya. Sebab, jika sedikit saja lengah, maka semuanya akan hangus terbakar,” ucap Bupati mengingatkan.

Terkait kebakaran tersebut, Pemkab Pessel bakal membangun tenda-tenda darurat untuk 20 pedagang yang tokonya ikut terbakar di Pasar Balai Selasa. Menurut Bupati, pembangunan tenda darurat itu, sudah diinstruksi kepada dinas terkait.

“Kami turut prihatin dengan kejadian ini. Sebab, pedagang tentu tidak bisa melakukan aktifitas jual beli. Semoga kedepan tidak ada lagi kejadian serupa,” harap Bupati usai melantik sebanyak 102 Walinagari di Gor Zeini Zein Painan. Senin (14/5), sore. (h/kis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 7