Dibeli Liverpool, Alisson Becker Jadi Kiper Termahal Dunia

Dibeli Liverpool, Alisson Becker Jadi Kiper Termahal DuniaAlisson Becker pecahkan rekor transfer dunia. (AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)

 

 

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Liverpool resmi mendapatkan kiper asal Brasil Alisson Becker dari AS Roma dengan memecahkan rekor transfer dunia sebesar €72,5 juta atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Status kiper termahal dunia sebelumnya masih dipegang penjaga gawang legendaris asal Italia Gianluigi Buffon dengan banderol €52,88 juta saat direkrut dari Parma ke Juventus pada musim 2001/2002.

Situs resmi Liverpool menyebut Alisson merupakan rekrutan keempat mereka setelah Xherdan Shaqiri, Fabinho, dan Naby keita. Bersama The Reds Alisson akan mendapatkan kontrak panjang hingga enam tahun ke depan sampai Juni 2024.

Liverpool merupakan klub ketiga dalam karier profesional Alisson. Sebelumnya penjaga gawang berusia 25 tahun itu lebih dulu bermain di AS Roma dan Internacional.

“Alisson bergabung dengan klub Liga Primer Inggris dengan harga awal €62,5 juta, harga transfer termahal yang pernah dibayarkan untuk seorang penjaga gawang,” demikian pernyataan resmi Roma.

“Perjanjian ini mencakup sejumlah klausul terkait kinerja, baik dari pemain maupun klub Inggris [Liverpool], yang bisa memberikan tambahan biaya hingga € 10 juta,” Roma menambahkan.

Alisson kebobolan tiga gol di Piala Dunia 2018.Alisson kebobolan tiga gol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/David Gray)

 

Kedatangan Alisson diharapkan bisa menutup kelemahan Liverpool di sektor pernjaga gawang yang kerap terjadi pada dua musim terakhir. Manajer Liverpool Juergen Klopp selalu dipusingkan dengan tidak konsistennya Loris Karius dan Simon Mignolet.

Karius yang pada musim lalu sangat diharapkan bisa memberikan prestasi untuk Liverpool justru melakukan blunder di final Liga Champions 2018 ketika melawan Real Madrid. Hasrat Klopp memenangi trofi pertamanya bersama Liverpool pun hilang.

Alisson merupakan kiper utama timnas Brasil di Piala Dunia 2018. Di turnamen tersebut Alisson kebobolan tiga gol dalam lima pertandingan.

Pada musim lalu Alisson bermain dalam 49 pertandingan bersama Giallorossi di semua turnamen dengan kebobolan 47 gol. Termasuk ketika membawa Roma mencapai semifinal Liga Champions sebelum disingkirkan Liverpool. Kedatangan Alisson juga membuka pintu keluar bagi Mignolet dan Karius. (sry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 24 = 30