Deputi : potensi pariwisata Indonesia besar namun SDM pengelolanya minim

Palembang, (Antaranews Sumbar) – Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI Prof HM Ahman Sya mengatakan, potensi pariwisata Indonesia sangat besar, namun sumber daya manusia (SDM) yang akan mengelolanya masih minim.
 
INDONESIA masih kurang tenaga kepariwisataan sehingga peluang sektor ini yang sangat menjanjikan belum tergarap maksimal, apalagi pendidikan pariwisata merupakan bagian yang sangat tak tepisahkan dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia.
 
Hal ini karena keberhasilan sektor ini akan mampu melahirkan generasi-generasi yang kompeten di bidang pariwisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan, ujar dia. Namun, keterbatasan SDM pariwisata di Indonesia menjadi masalah yang dihadapi bersama berbagai daerah di Indonesia sehubungan itu kekurangan SDM pariwisata itu diatasi lewat perguruan tinggi pariwisata di bawah Kemenpar.
Oleh karena itu sekarang ini dibuka menerimaan mahasiswa baru eman perguruan tinggi pariwisata.
 
Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pemerintahan daerah mendukung penuh pembangunan SDM bidang kepariwisataan.
 
Apalagi sekarang ini sumber daya manusia bidang pariwisata peluangnya sangat besar dalam membangun daerah, kata Gubernur yang pernah menjadi Kepala Dinas Pariwisata Sumsel itu.
 
( Dimas Setiawan )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 22 = 29