Bulu tangkis – Tontowi/Liliyana melangkah ke semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2018

 

Jakarta, (Antara) – Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah ke putaran semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 kategori perorangan setelah kembali meraih kemenangan lewat tiga set.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam, Tontowi/Liliyana menjalani laga tiga gim-nya kala bertanding di putaran perempat final menghadapi He Jiting/Du Yue (China) yang berkesudahan 21-11, 9-21, 21-10.

Dalam laga delapan besar yang dihelat di Wuhan Sports Center, Wuhan, China, Jumat waktu setempat, Tontowi/Liliyana langsung tancap gas dengan memimpin 12-3, usai kedudukan imbang 3-3 di awal laga.

He/Du berusaha mengejar, namun mereka hanya bisa memperkecil kedudukan dari tertingal 8-20 menjadi 11-20, sebelum akhirnya duet Indonesia yang merupakan unggulan teratas tersebut menyudahi gim pembuka ini dengan kemenangan.

Hasil positif di gim permulaan ternyata tidak membuat jalan Tontowi/Liliyana mudah di gim kedua. Setelah imbang 1-1 di awal laga, poin pasangan peraih emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro tersebut secara perlahan tertinggal dari He/Du.

Alih-alih bisa membalikkan keadaan atau mengejar ketertinggalan, justru poin pasangan Indonesia kembali tertinggal dari kedudukan 6-10, saat duet China mampu mencetak tujuh poin beruntun menjadikan poin Tontowi/Liliyana semakin terpuruk 6-17.

Walau jelang akhir gim kedua ini, Tontowi/Liliyana berhasil mencetak beberapa angka, namun mereka tak bisa menghentikan He/Du memperoleh hasil positif sekaligus memaksakan dilangsungkannya gim pamungkas dalam pertarungan ini.

Kekalahan di gim kedua, membuat Tontowi/Liliyana mengencangkan “ikat pinggang” dan hasilnya, usai bermain imbang 2-2, duet Indonesia langsung meninggalkan He/Du usai mencetak empat poin beruntun menjadikan kedudukan 6-2.

Duet China-pun membalas satu angka, namun Tontowi/Liliyana membalas lagi dengan dua angka 8-3. He/Du yang kembali membalas, sepertinya tertekan karena keadaan itu dan harus kembali tertinggal jauh usai Tontowi/Liliyana mencetak tujuh angka tanpa balas menjadikan kedudukan 15-4.

Beberapa kali He/Du mencetak angka untuk memperkecil ketertinggalan, namun hal itu tak cukup menghalangi Tontowi/Liliyana memperoleh kemenangan dan memastikan satu tiket empat besar jadi milik duet Indonesia.

Di semifinal Kejuaraan Asia 2018, Tontowi/Liliyana akan menerima tantangan dari duet unggulan lima asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang melaju ke empat besar usai “membantai” pasangan Hong Kong unggulan tiga, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, 21-8, 21-7.

Pertemuan di empat besar ini, menjadi pertemuan kedua bagi dua pasangan tahun 2018 ini. Di pertemuan terakhir Tontowi/Liliyana kontra Zheng/Huang dalam kejuaraan Indonesia Masters 2018, pasangan Indonesia menyerah dua gim langsung 14-21, 11-21.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 7