BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku

   BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku
Ilustrasi (haluan)

AGAM, HARIANHALUAN.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam siapkan tim kesiapsiagaan selama Pesta Nelayan berlangsung di sepanjang pantai Tiku. Sedikitnya satu unit perahu karet diturnkan sebagai alat monitor situasi di sepanjang pantai.

Kepala Pelaksana BPBD Agam Mhd. Lutfi didampingi kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi, Senin (14/5) mengatakan, Pantai Tiku cukup ramai dihadiri pengunjung yang ikut bersama keluarga menyambut masuknya bulan suci ramadan.

Ia menjelaskan,  tim penyelamat BPBD yang turun lapangan selama kegiatan pesta nelayan yang rutin dilaksanakan sebelum menjelang puasa dan dijadikan kegiatan pesta rakyat bagi masyarakat Kecamatan Tanjung Mutiara. Kegiatan rutin ini tetap dipantau dan dibuatkan tim siaga sesuai jadwal yang dibuat oleh panitia.

Warga masyarakat yang datang dalam pesta rakyat diperkirakan sampai sore akan mencapai sekitar 12 ribu orang lebih. Kegiatan tradisi pesta pantai diikuti masyarakat Agam, mereka datang dari berbagai daerah. diantaranya kecamatan Ampek Magari, Tanjung Raya, Lubuk Basung, dan tuan rumah kecamatan Tanjung Mutiara dan bahkan dari luar Agam mereka sengaja datang berkunjung ke Pantai Tiku.

Pihaknya akan menurunkan tim siaga BPBD Agam telah dibicarakan dan disusun anggota yang akan turun bersama dan bergabung dengan anggota PMI Agam, TNI dan Polri, Tagana, Kelompok Siaga  Bencana Nagari Tiku Utara dan Nagari Tiku Selatan serta pemuda.

Kegiatan pesta pantai diperkirakan berlangsung dua hari Minggu dan Senin diperkirakan akan berlanjut satu hari menjelang puasa sampai Rabu atau Kamis.

“Kami tim BPBD tetap siaga dan melakukan pemantauan. Berdasarkan pantauan lapangan bahwa suasana di pantai Tiku semakin sore warga masyarakat dan pengunjung semakin ramai. Apalagi di lokasi pengunjung mendapat hiburan dan berbagai macam jenis permainan. Namun tim terus siaga dan berjaga-jaga di sepanjang pantai dengan trabas dan alat pengeras suara,” terangnya.

“Kami berharap selama pesta nelayan Tanjung Mutiara dapat berjalan dengan baik aman dan tidak ada terjadi insiden yang luar biiasa seperti tahun sebelumnya. Demikian ditambahkan kabid PK saat dilapangan,” jelasnya. (h/yat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

72 − = 71