BMKG perkirakan gekombang tinggi berpotensi kembali landa perairan sumbar

Padang, (Antaranews Sumbar) – Gelombang laut setinggi 1,5 hingga 4,5 meter berpotensi terjadi di perairan Sumatera Barat yakni di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai, kata Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Teluk Bayur, Kota Padang.

“Untuk perkiraan awal gelombang tinggi berpotensi terjadi tiga hari ke depan,” kata Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Arbi Susilo Widayat di Padang, Minggu.

Untuk perkiraan awal gelombang tinggi berpotensi terjadi tiga hari ke depan,Kemudian untuk gelombang laut perairan Kepulauan Mentawai dan Padang diperkirakan ketinggiannya 0,2 hingga empat meter, perairan bengkulu 0,5 sampai 4,5 meter, dan Samudra Hindia Barat Bengkulu 3,5 hingga 4,5 meter.

“Gelombang maksimum dapat mencapai dua kali perkiraan itu,” kata dia.

Oleh sebab itu ia gimbau jasa transportasi laut agar berhati-hati ketika melintas di laut. Kemudian untuk nelayan juga diminta berhati-hati dan jika tidak memungkinkan maka melaut harus ditunda dahulu.

“Jangan memaksakan jika tidak memungkinkan karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan,” tambahnya.

Secara umum, menurutnya cuaca di laut diperkirakan hujan dan angin berembus dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan dua hingga 15 knot per jam.

Sementara untuk cuaca di daratan tiga hari ke depan secara umum beropotensi hujan terutama sore hingga dini hari dengan intensitas sedang sampai lebat.

“Pagi hingga sore hari diperkirakan cerah berawan dan terkada hujan ringan pada beberapa daerah,” kata Kepala seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Budi Samiadji.

Ia menyebutkan daerah yang berpotensi hujan pada sore dan malam hari yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Kota Bukittinggi, Padang Panjang.

Selanjutnya Kabupaten Padang Pariaman, Kota Payakumbuh, Kabupaten Solok, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Dharmasraya.

Secara umum, lanjutnya suhu udara 18 hingga 30 derajat celsius, kemudian kelembapan udara yakni 80-100 persen, dan angin berhembus dari barat daya ke timur laut dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per jam.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika terjadi perubahan cuaca di darat maupun wilayah perairan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 27 = 37