Anies: Jembatan Gantung Srengseng Sawah akan Diperbaiki

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memeriksa langsung kondisi jembatan gantung di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Ahad (21/1) sore. Kondisi jembatan gantung tersebut sangat rawan dan mengkhawatirkan untuk dilewati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memeriksa langsung kondisi jembatan gantung di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Ahad (21/1) sore. Kondisi jembatan gantung tersebut sangat rawan untuk dilewati.

Didampingi Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal dan Lurah Srengseng Sawah Tubagus Mazruri serta Ketua RW 02 Nedi, Anies mencoba berjalan dari ujung ke ujung melewati jembatan sepanjang 45 meter tersebut.
Usai melihat langsung kondisinya, mantan menteri pendidikan itu memastikan jembatan tersebut pasti akan diperbaiki dalam waktu dekat. “Ini seperti di (film) Indiana Jones. Akan kami siapkan jembatan baru,” kata dia.
Ada dua jembatan gantung yang melintang di atas Kali Ciliwung yakni jembatan di RT 11 dan RW 12 Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kondisinya memang mengkhawatirkan dan rawan jika dilewati.
Jembatan itu hanya beralaskan seng dan ditopang balok kayu. Pegangan jembatan juga hanya sebatas sling baja yang disambungkan ke pohon. Beberapa tali pun terlihat rusak dan menjuntai tak teratur.
Jembatan itu juga tidak rata sepenuhnya. Bagian tengahnya bahkan tampak miring. Padahal, jembatan itu menjadi akses warga baik dilewati pelajar maupun warga perbatasan Jakarta-Depok.
Anies meminta kepada Dinas Bina Marga untuk segera membuat perhitungan detail mengenai jembatan gantung. Ia juga akan segera berkoordinasi dengan Pemkot Depok. Sebab, kata dia, jembatan tersebut berada di perbatasan antara Jakarta dan Depok.
“Ini kan untuk masyarakat juga. Apalagi di sini sering dipakai untuk lalu lalang,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

90 − = 86