Andika Perkasa Jabat Pangkostrad

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyalami Dankodiklatad Letjen Andika Perkasa.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyalami Dankodiklatad Letjen Andika Perkasa.

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Letjen Andika Perkasa mendapat promosi dengan menduduki jabatan Panglima Kostrad menggantikan Letjan Agus Kriswanto yang akan memasuki masa pensiun. Andika yang kini menjadi Komandan Diklatad akan berkantor di Jalan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat. Republika.co.id sempat mengirim pesan kepada Andika, namun belum mendapat balasan.

Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII/2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Kepala Setum TNI Brigjen Ferry Zein, Marsekal Hadi Tjahjanto memutasi 29 perwira tinggi (pati). Selain Andika, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen AP Putranto juga mendapat promosi dengan menggantikan posisi yang akan ditinggalkan Andika, yaitu komandan Diklatad. Otomatis Putranto akan menyandang bintang tiga di pundaknya.

Putranto yang merupakan alumnus Akmil 1987 bakal menyamai torehan bintang seangkatannya, yang lebih dahulu disandang Andika dan Letjen Muhammad Herindra yang kini menjabat Irjen TNI. Selain itu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Agus Surya Bakti yang merupakan suami dari Bella Saphira juga dimutasi menjadi Asintel Panglima TNI.

Kembali ke Andika, banyak kabar beredar ia memang diproyeksikan menjadi KSAD menggantikan Jenderal Mulyono yang akan pensiun pada Januari 2019. Sebelum menjadi Komandan Kodiklatad, Andika menduduki posisi Pangdam XII/Tanjungpura, Komandan Paspampres, dan Kepala Dinas Penerangan AD (Kadispenad). Andika merupakan menantu mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) Hendropriyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =