Ahok Tak Ingin Ajukan Pembebasan Bersyarat

Ahok Tak Ingin Ajukan Pembebasan BersyaratPengacara sekaligus adik kandung Ahok mengatakan pembebasan bersyarat memang tak diajukan pihaknya atas permintaan kakaknya sendiri. (CNN Indonesia/Safir Makki)

 

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Pengacara sekaligus adik kandung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Fifi Lety Tjahaja Purnama menyebut pihaknya tidak mengajukan pembebasan bersyarat Mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena permintaan dari Ahok sendiri.

“Beliau putuskan untuk tidak ambil,” kata Fifi seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, Rabu (11/7).

Fifi pun kemudian menejelaskan bahwa Ahok ingin menunggu pembebasan murni setelah masa hukuman dua tahun dia di Mako Brimob Depok selesai.

Dengan perhitungan itu, berarti Ahok baru bebas pada 2019 mendatang.

“Soal hitungan bebas murni, nantilah awal Agustus udah dapat kepastian hitungannya, karena tergantung dapat remisi berapa bulan,” kata Fifi kemudian. 

Dia pun menyebut jika sudah ada hitungan pasti baru pihaknya akan menginformasikan hal tersebut di akun Instagram pribadinya.

“Barulah saya post lagi ya di sini. Silahkan ditunggu aja,” kata dia.

“Oh ya bagi yang ngotot udah hitung-hitung ya aku pikir daripada berandai-andai kita tunggu aja hitungan yang pasti di Agustus,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan hingga saat ini memang belum ada pengajuan pembebasan bersyarat atas nama terpidana penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Memang sudah menjalani dua per tiga masa hukuman, tapi sampai saat ini belum ada penjamin, terutama dari keluarga. Jadi belum ada proses pembebasan bersyarat,” kata Kasubag Publikasi Humas Ditjen Pas Rika Apriani.

Ahok seharusnya dijadwalkan memperoleh pembebasan bersyarat pada Agustus 2018. Pada 9 Mei 2017 Ahok divonis hukuman dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataannya soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, September 2016. (stu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

77 − = 76