Adopsi Konsep Amerika dan Eropa, RS Unand Diresmikan

Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti disaksikan Gubernur dan Rektor membubuhi tanda tangan sebagai tanda diresmikannya RS Pendidikan Unand, Rabu (29/3). (rahmat zikri)

PADANG – Mengadopsi konsep rumah sakit universitas di Amerika dan Eropa, Universitas Andalas (Unand) resmikan Rumah Sakit (RS) Pendidikan yang modern dengan bangunan empat lantai. Meski berlokasi di area kampus, RS Unand tetap diperuntukkan kepada seluruh masyarakat dengan fokus pada pelayanan, pengabdian, pendidikan dan penelitian.

RS Unand merupakan satu dari 24 Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) yang berada di bawah Kemenristek-Dikti. RS itu berlokasi di komplek kampus Unand Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Pengoperasian RS diresmikan Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti, Rabu (29/3).

Ali Ghufron Mukti mengatakan RS Unand diharapkan akan turut membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia di Sumbar yang saat ini berada di nomor delapan. Caranya adalah dengan tetap fokus membantu dibidang pendidikan dan kesehatan.

“Keberadaan RS Pendidikan Unand diharapkan akan menjadi wahana menempa diri untuk melahirkan dokter bermoral tinggi dan profesional serta memiliki jiwa seni. Yang terpenting juga adalah dokter yang berkarakter dalam hal pendidikan dan pelayanan bagi masyarakat,” katanya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi hadirnya RS Pendidikan Unand karena dengan begitu menambah pula satu lagi pusat pelayanan kesehatan publik di Sumbar.

“Rumah sakit Unand diharapkan menjadi jawaban untuk pelayanan terbaik membantu masyarakat agar tidak terabaikan. Hadirnya RS juga diharapkan meningkatkan mutu kepada jebolan (mahasiswa) semakin baik. Mahasiswa kedokteran,” katanya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa IP itu menuturkan,  agar setiap elemen terus ditingkatkan seiring tantangan zaman. Mutu dokter profesional.

Rektor  Unand Tafdil Husni menjelaskan sebagai pusat pelayanan, pendidiakn dan penelitian RS Unand juga bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan berkualitas, meningkatkan mutu lulusan tenaga kesehatan khusus bagi dokter. Meningkatkan pengembangan riset klinis baik diagnostik maupun terapi.

“RS Unand juga memberikan pelayanan rawat jalan dan inap. Rawat jalan dengan fasilitas poliklinik lengkap untuk semua disiplin ilmu kedokteran seperti penyakit dalam, bedah, anak kebidanan/penyakit kandungan, THT, Mata, Syaraf, kulit dan kelamin, gigi dan mulut, jantung, paru serta poli khusus seperti klinik nyeri, berhenti merokok dan VCT,” katanya. (rahmat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 9