Ada Penipuan ATM di Sawahlunto, Dua Pelaku Diciduk Polsek Muaro Kalaban

Ada Penipuan ATM di Sawahlunto, Dua Pelaku Diciduk Polsek Muaro KalabanPolsek Muarokalaban Kota Sawahlunto mengamankan dua orang pelaku penipuan ATM, Sabtu (25/8). Ist

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM–Polsek Muaro Kalaban berhasil tangkap dua orang tersangka pelaku penipuan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan modus membantu korban di SPBU Muaro Kalaban Kota Sawahlunto, Sabtu (25/8)

Kapolres Sawahlunto, AKBP Zamrony Wibowo melalui Kapolsek Muaro Kalaban, Iptu Usman Nurwidi menerangkan, kejadian berawal saat korban Amin (45) warga Dusun Sawah tambang Desa Muarokalaban tengah melakukan transaksi di ATM tapi selalu gagal.

Korban yang melihat pelaku yang bisa bertransaksi di ATM tersebut lalu meminta tolong ke pelaku.

“Pelaku dengan inisial DS (33) dan A (29) warga  Kelurahan Mata Air Padang segera menolong korban. Korban dituntun untuk memasukan kartu dan nomor pin dan pada saat itu pelaku menukar kartu yang dimasukan kedalam mesin ATM. Sewaktu korban sedang mencoba ulang proses transaksi, pelaku secara diam- diam meninggalkan korban dengan membawa kartu ATM bank Mandiri milik korban,” tuturnya.

Korban lanjutnya, baru menyadari bahwa kartu yang dimasukan ke dalam mesin ATM bukanlah miliknya, lalu korban mencari pelaku yang sudah melarikan diri dengan menggunakan mobil Toyota AGYA Nopol F 1289 WS.

Lalu korban melaporkan kepada personil Polsek Muaro Kalaban yang tengah bertugas di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Muaro Kalaban dalam rangka Pam Pawai Alegoris.

“Kebetulan personil kami sedang melakukan pengamanan pawai saat korban melapor. Lalu kami lakukan pemeriksaan pada seluruh mobil Agya yang lewat, dan ditemukan satu jam setelah kejadian di Bawah terowongan Rel Kereta Api, Dusun Balai Balai, tak jauh dari tempat kejadian,” ujarnya.

Saat ini pihak Polsek telah mengamankan pelaku beserta uang tunai yang telah dicairkan sekitar Rp 3 juta dan selanjutnya akan dilakukan pengembangan kasus. Kasus yang serupa juga pernah terjadi beberapa pekan lalu tepatnya di ATM Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto wilayah hukum Polsek Kota Kecamatan Lembah Segar.

“Kami akan lakukan pengembangan, apakah kejadian ini ada hubungannya dengan kejadian yang lalu, apakah mereka pelaku yang sama,” tuturnya.(h/rki)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 3