4 Tersangka Suap Fasilitas Lapas Sukamiskin Ditahan

4 Tersangka Suap Fasilitas Lapas Sukamiskin Ditahan

Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen memakai rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Antara/Rivan Awal Lingga

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan empat tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas di Lapas Sukamiskin. Keempatnya langsung ditahan usai menjalani pemeriksaan.

Empat tersangka itu yakni; Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen (WH), dan stafnya bernama Hendry Saputra (HND), serta narapidana korupsi Fahmi Darmawansyah (FD) dan napi kasus pidana umum atau tahanan pendamping FD, Andi Rahmat (AR). Keempatnya ditahan di rumah tahanan (rutan) berbeda.

“Keempat tersangka ditahan untuk 20 hari pertama,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, 22 Juli 2018.

Febri melanjutkan, Fahmi Darmawansyah akan ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat dan Andi Rahmat di Rutan Polres Jakarta Timur. Sementara itu, Kalapas Sukamiskin Wahid Husen ditahan di Rutan KPK, dan Hendy Saputra ditahan di Rutan cabang KPK di Guntur.

KPK sebelumnya menetapkan empat orang tersebut sebagai tersangka. Keempatnya diduga melakukan praktik suap terkait fasilitas narapidana korupsi di Lapas Sukamiskin.

Wahid diduga telah menerima dua unit mobil; Mitsubishi Triton Exceed dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar serta uang senilai Rp279.920.000 dan US$1.410. Pemberian itu diduga imbalan dari Fahmi Darmawansyah yang telah mendapatkan fasilitas sel kamar di Lapas Sukamiskin.

Atas perbuatannya, Kalapas Sukamiskin dan stafnya selaku penerima suap disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 atau Pasal 12B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sedangkan, Fahmi dan Andi Rahmat selaku pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

46 − = 40