3 Negara Dukung Diplomasi Indonesia untuk Rohingya

Dimas Setiawan
 
Diplomasi kemanusiaan yang sedang dilakukan Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi terkait krisis Rohingya mendapat dukungan dari sejumlah negara. Belanda, Inggris, dan Iran adalah tiga negara di antaranya.
 
Retno mengungkapkan, sebelum bertolak ke Myanmar pada Ahad (3/9) lalu, ia telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak, antara lain dengan mantan sekjen PBB Kofi Annan, Menlu Turki Mevlut Cavusoglu, dan penasihat keamanan nasional Myanmar. Menurutnya, menangani masalah yang kompleks seperti krisis Rohingya memang membutuhkan komunikasi dengan banyak pihak.
Terkait akses bantuan kemanusiaan untuk Rohingya, Retno mengatakan hal ini harus ia konsultasikan terlebih dulu dengan koleganya di ASEAN. Ia mengungkapkan telah menghubungi beberapa menlu anggota ASEAN, antara lain menlu Malaysia, Laos, Vietnam, dan Singapura.
 
Retno Marsudi berangkat ke Dhaka, Bangladesh, pada Selasa (5/9), setelah sebelumnya bertemu dengan State Counselor Myanmar, Aung San Suu Kyi, di Naypidaw. Kunjungan Retno ke Bangladesh merupakan bagian dari rangkaian kunjungan untuk membahas krisis keamanan dan kemanusiaan yang kembali melanda negara bagian Rakhine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 2