250 Relawan Bersihkan Pantai Padang

250 Relawan Bersihkan Pantai Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kumuhnya tepian bibir pantai akibat sampah sepanjang 500 meter, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung turunkan sekitar 250 petugas kebersihan.

Seluruh petugas yang tergabung dari relawan kebersihan bergotong royong membersihkan pantai mulai dari Tugu Perdamaian hingga ke Muaro Lasak.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Deni Harzandy di lokasi pembersihan sampah, Jumat (5/1) menyampaikan bahwa sampah tepi pantai sering terjadi jika sudah hujan badai melanda. Diduga, sampah tersebut dibawa angin dari pulau seberang dan dari tengah laut.

“Jika kita melihat jenis sampahnya sebagian besar itu sampah dari seberang pulau. Selebihnya sampah masyarakat yang dibawa dari muara atau arus. Jika sudah badai dan hujan lebat pantai selalu jadi kumuh,” ujarnya.

Dijelaskan Deni, petugas kebersihan yang bergotong royong membersihkan pantai mulai sejak pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB. Target pengerjaan berlangsung sampai pantai benar-benar terlihat bersih dari sampah dan pemandangan kembali indah.

“Kita minta masyarakat bisa paham dengan sampah kiriman laut jika hujan lebat. Sampah tidak dibiarkan begitu saja namun tentu perlu personil lebih banyak mengingat sampah yang lumayan banyak,” tambahnya.

Salah seorang relawan kebersihan Ar mengatakan, membersihkan sampah pantai yang lumayan banyak tidak bisa dengan tenaga sedikit. Ia dan ratusan temannya langsung fokus pada satu titik untuk mengumpulkan sampah dan mengangkut ke dalam truk sampah.

“Hari ini (kemarin red) kita fokus di pantai supaya saat akhir pekan tidak ada lagi sampah yang menumpuk segitu banyaknya. Namun jika hari biasa tidak perlu banyak relawan karena sampahnya biasa saja. Target kita hari ini bagaimana pantai bisa kembali indah dan bersih,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 9 =