142 Imam Salat Ikuti Pelatihan

142 Imam Salat Ikuti PelatihanRatusan imam dari berbagai masjid dan musala di Kota Padang mengikuti pelatihan bacaan yang digelar Pemko Padang, Selasa (17/7). IST

 

 

 

 

 

PADANG, HARIANHALUAN.COMPemko Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) melakukan pelatihan untuk imam salat. Pelatihan diberikan untuk meningkatkan kualitas bacaan imam, mengingat pentingnya fungsi imam bagi jemaah di setiap masjid dan musala di Kota Padang.

Kepala Bagian Kesra Kota Padang, Jamilus, mengatakan, Pemko Padang begitu antusias atas digelarnya pelatihan tersebut. Setiap imam di masjid dan musala diharapkan bisa menguasai bacaan salat dengan kaidah ilmu tajwid yang baik.

“Kami tentu berharap pelatihan ini maksimal dengan seluruh peserta mengikuti semua rangkaian materi pelatihan dari narasumber dengan tekun. Ini mengingat pentingnya keberadaan dan peran imam dalam mengimami salat,” kata Jamilus di sela pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari di salah satu hoteldi Kota Padang, Selasa (17/8).

Jamilus menilai, saat seorang imam memiliki bacaan yang bagus dan suara yang merdu, secara tidak langsung akan memudahkan jemaah untuk lebih khusuk dalam mengikuti salat berjemaah.

“Coba bayangkan kalau bacaan imamnya tidak benar, tentu akan terganggu ibadah jemaah. Sedapat mungkin tidak terjadi hal demikian. Oleh karena itu kami di Pemko Padang menilai sangat perlu pelatihan-pelatihan ini diikuti seluruh peserta dengan maksimal sehingga semua imam salat di kota ini benar dan baik bacaannya,” tuturnya.

Selain bacaan yang benar dan baik, Jamilus berharap para imam salat bisa membimbing jemaah terutama dalam menjalankan syariat Islam dengan lebih baik. Di samping itu, jika masih terdapat imam yang belum fasih dan benar bacaannya, diharapkan dapat menjadi benar setelah mengikuti pelatihan ini.

“Imam itu gampang disebut, tapi susah dilaksanakan. Insyaallah, dengan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kualitasnya, jemaah makin senang dan masjid-musala makin ramai. Sejauh ini imam-imam itu sudah bagus, tetapi tetap perlu ditingkatkan kualitasnya,” ujarnya.

Sebanyak 142 imam tercatat sebagai peserta dalam pelatihan ini. Imam-imam tersebut dipilih dari beberapa masjid dan musala yang ada di Kota Padang. Sebagai pemateri, Pemko menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya. (h/mg-mal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 − = 15